SOLOPOS.COM - Ilustrasi berangkat ke sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Libur sekolah di Jawa Tengah (Jateng) bakal segera berakhir. Sebagian besar pelajar di wilayah Jawa Tengah (Jateng), akan segera kembali menjalankan rutinitas masuk sekolah. Berikut jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2023 bagi di Jawa Tengah (Jateng).

Sebagian besar pelajar di Jawa Tengah (Jateng) saat ini memang masih menjalani libur sekolah. Meski demikian, libur sekolah yang sudah digelar sejak 26 Juni 2023 itu akan segera berakhir.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Saat ini, seluruh pelajar di Jateng baik jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA sederajat mulai bersiap-siap kembali menjalani kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Jadwal masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2023 di Jawa Tengah (Jateng) pun telah ditetapkan, yakni pekan depan.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga telah menyusun kalender pendidikan untuk tahun ajaran 2023/2024. Kalender pendidikan itu bahkan dimuat dalam Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Nomor 420/06310 tentang Pendoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024.

Dalam Peraturan itu, tepatnya Pasal 5 disampaikan tentang permulaan tahun ajaran 2023/2024. Permulaan tahun ajaran baru atau jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2023 di Jawa Tengah (Jateng) itu ditetapkan pada Senin pekan depan atau tanggal 17 Juni 2023.

Dalam peraturan itu juga disampaikan jika pada hari pertama masuk sekolah, satuan pendidikan memulai dengan kegiatan MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah. MPL dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundangan.

MPL juga digelar selama tiga hari, mulai Senin-Kamis (17-20/7/2023). Sehari setelah pelaksanaan MPLS, satuan pendidikan atau sekolah bisa melaksanakan program mengenal mitra sekolah.

Sebelum memulai ajaran baru, kepala satuan pendidikan juga wajib menyusun program yang mencakup rencana kerja satuan pendidikan, kalender pendidikan, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, pengawasan dan evaluasi proses pembelajaran, dan juga pedoman pelaksanaan penyelenggaraan satuan pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya