SOLOPOS.COM - Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Semarang, Agus Suprijatno, saat paparan persiapan arus mudik kapal jelang Lebaran 2024 di kantornya, Selasa (26/3/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Semarang telah menyiapkan enam kapal untuk kebutuhan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 dari Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Dari enam unit kapal itu, satu di antaranya memiliki kapasitas hingga 2.000 penumpang, sementara lainnya sekitar 1.000 orang.

Kepala Pelni Cabang Semarang, Agus Suprijatno, mengatakan enam kapal itu untuk mengangkut para pemudik dari maupun menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Khusus kapal berkapasitas 2.000 unit, yakni KM Dobonsolo, diperuntukan juga untuk angkutan motor.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“Sisanya [lima kapal] ada KM Kalimutu, KM Lawit, KM Awu, KM Leuser dan KM Bukit Raya. Terus kemungkinan akan tambah KM Binaiya satu unit, tapi saat ini masih jalankan docking di Cirebon dan jadwal belum keluar. Tapi rencana [jadwal keluar] H-15. Kemudian terkait motis [angkutan motor gratis], hanya diperuntunkan untuk motor BBM [bahan bakar minyak]. Motor listrik tak boleh naik kapal,” kata Agus saat paparan persiapan arus mudik kapal jelang Lebaran 2024 di kantornya, Selasa (26/3/2024).

Tak hanya itu, Agus mengemukakan KM Dobonsolo sebagai kapal pengangkut motor gratis memiliki rute Jakarta-Semarang. Sementara lima kapal lainnya melayani rute mudik dari Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah (Kalteng), Pelabuhan Sampit Kalteng dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Adapun jadwal kedatangan kapal pemudik yang dioperasikan Pelni mulai H-15 dengan total 13 jadwal kedatangan dan H+15 ada tujuh jadwal keberangkatan dari Semarang. Sehingga totalnya ada sebanyak 20 jadwal perjalanan kapal milik Pelni.

Lebih jauh, jumlah kedatangan 20 kapal itu pun diklaim meningkat signifikan dibanding momen Lebaran 2023 lalu. Sebab pada tahun sebelumnya, hanya ada delapan kedatangan kapal.

“Nah untuk arus mudik itu penumpang yang turun di sini [Semarang banyak dari Kalimantan]. Ke sana [Kalimantan] malah sedikit [yang mudik]. Tapi nanti pas arus balik ke sananya [Kalimantan] akan banyak,” bebernya.

Pembelian tiket kapal mudik-balik Lebaran 2024 ini pun sudah bisa dipesan baik malalui online, aplikasi Pelni dan kantor Pelni di masing-masing cabang. Pihaknya menyarankan pembelian di agen resmi baik secara online maupun offline agar tidak terjadi tindak penipuan.

“Kemudian Jangan beli tiket mendadak. Beli jauh-jauh hari, agar tak kehabisan [tiket],” sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya