SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga Yasip Khasani saat konferensi pers terkait HUT ke-1274 Kota Salatiga di Ruang Kalitaman, Setda Salatigaa, Rabu (10/7/2024). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Berbagai kegiatan akan diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga dalam rangka hari jadi ke-1274 Kota Salatiga. Acara hari jadi itu, akan semakin meriah karena berbarengan dengan Hari Koperasi tingkat Jawa Tengah yang juga diselenggarakan di Kota Salatiga.

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani, mengatakan kegiatan hari jadi Kota Salatiga tahun ini akan diisi berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan akan diawali peringatan Hari Koperasi ke-77 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (12-13/7/2024). Kegiatan akan dibuka dengan upacara di Lapangan Pancasila Salatiga pada Jumat (12/7/2024).

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan II 2024: Bisnis UMKM Membaik dan Prospektif

“Kemudian ada juga pameran bazar koperasi yang akan diikuti 40 koperasi sektor riil dari kota/kabupaten di Jateng. Selain itu juga diikuti 50 koperasi dan UMKM dari Kota Salatiga, bertempat di halaman Pemkot Salatiga, Jumat-Sabtu,” kata Yasip Khasani, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan itu rencana dihadiri sekitar 2.250 orang yang merupakan perwakilan gerakan koperasi dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan dan menguatkan perekonomian di Jawa Tengah, khususnya Kota Salatiga.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa menghidupkan koperasi dan mewujudkan kesejahteraan bersama,” jelasnya.

Selanjutnya, pada puncak hari jadi Kota Salatiga yang jatuh pada Rabu (24/7/2024) akan dimulai dengan upacara hari jadi. Kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna DPRD dan dilanjutkan dengan acara kenduri rakyat.

Dalam acara kenduri rakyat itu, Pemkot Salatiga akan menyediakan 5.000 porsi makanan yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Salatiga. Acara kenduri rakyat digelar di Lapangan Pancasila, seusai sidang paripurna DPRD digelar.

“Kemudian akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam mantan Wali Kota Salatiga yang ada di wilayah Kota Salatiga,” terang Yasip.

Setelah acara tersebut, dilanjutkan dengan kirab budaya yang dimulai dari depan Rumah Dinas Wali Kota Salatiga dan akan berakhir di Halaman Pemkot Salatiga. Kirab tersebut akan diikuti oleh OPD, BUMD, sanggar seni, dan perusahaan swasta di Salatiga.

“Kirab ini juga akan dilombakan dengan kategori tersendiri yakni ada tingkat OPD, mobil hias, dan grup kesenian,” tandas Pj Wali Kota Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya