SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi saat membuka Pameran Buku dan Expo Literasi di halaman Perpusda Salatiga, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dinpersip) Salatiga menggelar Pameran Buku dan Expo Literasi di halaman Perpustakaan Daerah Kota Salatiga pada Senin-Minggu (3-9/7/2023). Pameran tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1.273 Kota Salatiga.

Pameran Buku dan Expo Literasi kali ini diramaikan dengan berbagai produk UMKM, hiburan musik, dan aneka workshop. Selain itu juga dipamerkan sejumlah produk dari penyandang disabilitas.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi, mengatakan kegiatan ini bukan hanya sebagai sebuah kebutuhan dan harus melekat. Sebaliknya, kegiatan ini sebagai upaya menjadikan literasi sebagai sebuah perilaku.

“Membaca menjadi jendela dunia. Oleh karena itu sekarang membaca tidak lagi eksklusif. Tapi menjadi inklusif, artinya tidak ada sekat. Kemudahan bagi siapapun termasuk penyandang disabilitas,” kata Sinoeng kepada Solopos.com, Senin (3/7/2023).

Sinoeng menambahkan literasi juga akan memberikan pencerahan terkait hal-hal yang menyangkut sosiokultural, seperti soal literasi digital sehingga mempermudah masyarakat. Hal itu termasuk literasi disabilitas.

“Termasuk literasi perbankan atau literasi keuangan. Bagaimanapun juga agar masyarakat secara umum tidak mengalami ketersesatan atau keterjebakan tentang pinjaman online yang semakin menjerat bagi mereka,” ungkap Sinoeng.

Dengan adanya informasi yang mudah dan lebih sederhana akan mempermudah masyarakat dan bisa meningkatkan tingkat literasi masyarakat Salatiga. Sinoeng akan terus mendorong agar literasi masyarakat semakin membaik.

“Kami terus memfasilitasi dan mendorong kemudahan-kemudahan dan sifatnya tidak lagi eksklusif. Sehingga semua pihak bisa mengakses itu,” tandas Sinoeng.

Salah seorang pengunjung, Iqbal, mengaku senang dengan adanya pameran buku ini. Selain bisa mencari buku, juga ada stan inovasi karya dari warga Salatiga.

Ia berharap Pemkot Salatiga sering-sering menyelenggarakan pameran buku ini seperti ini. Ia mengaku lebih mudah mencari berbagai buku dan juga melihat karya-karya dari seniman dan UMKM Salatiga.

“Bagus juga ini ada karya-karya juga. Tadi ada Lukisan, kerajinan juga ada,” ungkap pemuda asal Magelang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya