SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, BANYUMAS — Sebanyak 15 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Banyumas bakal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Senin (23/10/2023). Seluruh peserta, tim kampanye, dan pendukung ataupun simpatisan diminta tetap menjaga iklim kondusivitas selama pelaksanaan pilkades berlangsung.

Dikutip dari jatengprov.go.id pada Minggu (15/10/2023), pilkades di Banyumas yang digelar 15 desa di 13 kecamatan itu diikuti 43 calon kepala desa. Rinciannya, Desa Tumiyang (tiga calon), Desa Cindaga (tiga orang), Desa Adisana (empat orang). Ketiga desa tersebut betada di Kecamatan Kebasen.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Lalu, Desa Watuagung (tiga calon) dan Desa Gumelar Lor (dua calon). Kedua desa itu berada di Kecamatan Tambak. Desa lainnya di Desa Klinting, Kecamatan Somagede (tiga calon); Desa Jambu, Kecamatan Wangon (tiga calon); Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen (tiga calon); Desa Klahang, Kecamatan Sokaraja (dua calon).

Selanjutnya, Desa Kracak, Kecamaran Ajibarang (dua calon); Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir (dua calon); Desa Cilangkap, Kecamatan Gumelar (tiga calon); Desa Tunjung, Kecamatan Jatilawang (tiga calon); Desa Datar, Kecamatan Sumbang (tiga calon); dan Desa Ledug, Kecamatan Kembaran (empat calon).

“Semua calon kepala desa, tim kampanye, dan pendukung masing-masing harus berkomitmen menjaga perdamaian, menghormati pandangan lawan politik, dan menjauhi segala bentuk provokasi atau tindakan yang dapat merusak tatanan sosial kita,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, saat memimpin deklarasi damai dalam rangka persiapan pelaksanaan pilkades serentak 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto, Jumat (13/10/2023).

Hanung Cahyo Saputro mengatakan meminta seluruh pihak yang berkontestasi untuk menghormati dan mendukung hasil pemilihan nantinya. Di samping itu, panitia pilkades serentak diminta dapat bersikap adil dan netral serta tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pantau secara langsung proses pilkades dan terus berkoordinasi dengan panitia tingkat kabupaten. Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Forkopimda siap memberikan dukungan penuh dalam melaksanakan pemilihan ini secara aman, transparan, dan damai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya