SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan membuka jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta sepanjang 22 km dari GT Colomadu atau GT Banyudono hingga keluar GT Ngawen, Klaten pada 5-15 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus mudik libur Lebaran 2024. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/Spt.

Solopos.com, SEMARANG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, memastikan tol fungsional Solo-Jogja sudah beroperasi saat arus mudik Lebaran 2024 pada Jumat (5/4/2024). Kendati demikian, tol fungsional Solo-Jogja dengan rute Colomadu hingga Klaten itu hanya dibuka pada siang hari, atau mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

“[Tol fungsional] akaan diberlakukan atau dibuka pada siang hari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kami juga akan siapkan petugas di sana, baik petugas kepolisian maupun dari Dinas Perhubungan,” kata Nana Sudjana dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/4/2024).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Nana menegaskan fasilitas penunjang di tol fungsional Solo-Jogja, seperti rambu lalu lintas dan penerangan jalan segera dipenuhi. Sebab, keamanan dan kenyamanan pemudik harus diutamakan.

“Segera lengkapi ruas jalan dengan rambu lalu lintas. Jangan sampai terjadi kecelakaan,” kata Nana.

Nana menambahkan secara umum infrastruktur jalan di Jateng dalam kondisi baik. Pada jalan nasional Provinsi Jateng dan DIY sepanjang 1.887,29 km dipetakan terdapat 68 titik rawan kemacetan.

“Ini menjadi perhatian bersama antara Polri dan instansi lainnya, sehingga perlu dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas, terutama di lokasi-lokasi seperti pasar tumpah, pusat keramaian, dan jalur menuju lokasi wisata,” kata Nana.

Pemerintah pusat memprediksi pergerakan mudik lebaran 2024 secara nasional sebanyak 193,6 juta orang. Pergerakan pemudik yang masuk dan melintas di Jateng sebesar 18,23 juta orang.

Pemprov Jateng akan membuka posko terpadu yang dipusatkan di Kantor Dinas Perhubungan, dan di sejumlah titik yang tersebar di wilayah Jawa Tengah.

Selain tol fungsional Solo-Jogja, Pj Gubernur Jateng juga memastikan jalur pantai utara (pantura) dan jalur pantai selatan (pansela) bisa dilintasi saat mudik Lebaran 2024.

“Untuk jalur Pantura yang kemarin tergenang air dari Demak-Kudus saat ini sudah surut dan saat ini sudah diperbaiki. Saatnya nanti para pemudik sudah bisa menggunakan jalan tersebut,” kata Pj Gubernur Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya