SOLOPOS.COM - Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan para anggota DPRD Jateng periode 2014-2019 yang baru dilantik, berkomitmen untuk tidak menerima atau memberi segala bentuk gratifikasi selama bertugas.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Kalau DPRD Jateng menginisiasi untuk tanda tangan dengan KPK tidak mau menerima atau memberi gratifikasi apapun bentuknya, ya anggota dewan top banget dan jika itu bisa dilakukan maka Jateng memelopori reformasi parlemen serta politik,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Ganjar seusai menghadiri pelantikan 100 anggota DPRD Jateng terpilih periode 2014-2019 di Ruang Rapat Paripurna di gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Nomor 7, Kota Semarang.

Menurut dia, komitmen anggota dewan untuk tidak menerima atau memberi gratifikasi itu merupakan sebuah revoluasi yang harus dilakukan dalam konteks politik pascareformasi.

Ganjar mengakui kalau godaan untuk berbuat negatif seperti tindak pidana korupsi atau penyimpangan anggaran itu cukup besar, apalagi biaya politik yang dikeluarkan masing-masing anggota dewan juga sangat tinggi.

“Saya secara pribadi tentu berharap mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang negatif pada anggota dewan ini,” ujar politisi PDIP itu.

Ia juga berharap para anggota DPRD Jateng periode 2014-2019 melakukan tugas-tugas kedewanan secara terbuka dan transparan sehingga tidak muncul istilah “setengah kamar”.

“Jika semua itu dilakukan maka relasi dengan pemerintahan berjalan baik, kepentingan masyarakat bisa menjadi nomor satu, dan membuktikan asumsi-asumsi negatif di masyarakat seperti anggota dewan malas serta melakukan korupsi itu bisa dihilangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya