SOLOPOS.COM - Masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah, saat melakukan penukaran uang baru pada Ramadan 2023 lalu. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANGBank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang layak edar (ULE) senilai Rp25,6 triliun untuk pemenuhan kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024 di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng & DIY).

Adapun 418 titik layanan penukaran uang yang tersebar di tiap kabupaten/kota.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Kepala Kantor pewakilan BI (KPwBI) Jateng, Rahmat Dwisaputra, mengatakan untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, pihaknya menyiapkan ULE sebesar Rp10,1 triliun atau naik sekitar 13 persen dibandingkan pada 2023.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri tersebut dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 bertajuk “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

“Kegiatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini diselenggarakan oleh BI dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang Rupiah pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024,” kata Rahmat dalam keterangan resminya kepada Solopos.com, Kamis (21/3/2024).

Lebih jelasnya, KPw BI Jateng & DIY bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perbankan serta Lembaga terkait lainnya meluncurkan kegiatan SERAMBI ini serentak sejak 20 Maret 2024.

Adapun wilayah edarnya meliputi kerja KPwBI Semarang, Solo, Purwokerto, Tegal, dan KPwBI DIY ini dilaksanakan untuk memenuhi ketersediaan uang, memberikan layanan kas dan edukasi Rupiah.

“Kehadiran uang rupiah yang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat melalui layanan kas yang prima diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadan,” harapnya.

Terhitung mulai 20 Maret sampai 5 April 2024, lanjut Rahmat, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 418 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang Rupiah di 91 titik termasuk layanan penukaran uang terpadu pada 25 Maret sampai 3 April 2024 di Lapangan Parkir Barat KPwBI Provinsi Jawa Tengah.

“Kemudian di beberapa pertokoan atau pasar tradisional dan beberapa instansi. Selanjutnya mulai tanggal 4-5 April 2024, BI juga menambah lokasi layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di stasiun kereta api. Untuk periode tersebut, BI Jateng akan membuka layanan penukaran uang rupiah khusus untuk pemegang tiket atau pengguna jasa kereta api di Stasiun Tawang serta Stasiun Poncol Semarang,” sambungnya.

BI juga mengajak masyarakat mengoöptimalkan penggunaan media transaksi nontunai atau QRIS pada saat melakukan penukaran uang, baik melalui kas keliling, layanan penukaran terpadu, maupun BI peduli mudik.

Pihaknya menghimbau masyarakat agar tidak menukar uang melalui perantara karena terdapat potensi risiko seperti ketidaksesuaian jumlah nominal uang yang dipertukarkan, kemungkinan menerima uang palsu, serta pungutan biaya yang dikenakan perantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya