SOLOPOS.COM - Sepasang wisatawan tengah menikmati indahnya panorama alam Waduk Jatibarang dari kawasan Goa Kreo, Gunungpati, Kota Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), resmi menaikan tarif atau tiket masuk sejumlah objek wisata di wilayahnya. Tak hanya itu, beberapa objek wisata yang dulunya gratis atau tidak ada tiket masuk, kini diterapkan tarif alias berbayar.

Pengumuman terkait kenaikan tiket masuk di sejumlah objek wisata di Kota Semarang ini disampaikan DInas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang melalui akun Instagram @disbudparkotasemarang, Jumat (19/1/2024).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sebelum pengumuman kenaikan ini, Pemkot Semarang juga telah menerapkan tiket untuk masuk dua objek wisata, yakni Museum Kota Lama dan Argowisata Sodong di Mijen.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan penerapan tiket di Museum Kota Lama Semarang dan Argowisata Sodong itu diberlakukan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kota Semarang. “Mulai tahun ini akan ada retribusi seperti di Museum Kota Lama. Selain itu juga Agrowisata Sodong. Objek wisata lain yang sebelumnya gratis. Besaran sesuai Perda hampir sama,” ujar Wing, Jumat (5/1/2024).

Berikut objek wisata di Kota Semarang yang mengalami kenaikan tiket masuk:

1. Goa Kreo

Tiket hari biasa Rp8.000

Tiket hari Minggu atau libur Rp10.000

Objek wisata alam yang terkenal dengan goa alamnya yang begitu indah ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di kota lunpia. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Waduk Jatibarang ketika mengunjungi tempat ini. Atau berinteraksi dengan ratusan kera ekor panjang yang tersebar di Goa Kreo.

2. Kampung Wisata Taman Lele

Tiket hari biasa Rp8.000

Tiket hari Minggu atau libur Rp10.500

Taman lele merupakan objek wisata favorit keluarga yang berada di Jalan Walisongo Kota Semarang atau Pantura Semarang-Kendal. Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati di sini, mulai dari kolam renang hingga penginapan yang bisa disewa wisatawan.

3. Hutan Wisata Tinjomoyo

Tiket hari biasa Rp6.000

Tiket hari Minggu atau libur Rp6.000

Tempat ini menghadirkan pemandangan rimbunnya hutan kota milik Kota Semarang. Pemerintah juga berencana mengoperasikan wahana jembatan kaca di tempat ini.

4. Agro Wisata Sodong

Tiket hari biasa Rp5.500

Tiket hari Minggu atau libur Rp8.000

Pemerintah akhirnya menetapkan tiket masuk objek wisata yang terkenal dengan tugu Dandang besarnya. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati kuliner dan juga disediakan kolam untuk bermain air bernama Kolam Keceh.

5. Museum Kota Lama

Tiket hari biasa Rp10.000

Tiket hari Minggu atau libur Rp10.000



Museum ini bediri di di kawasan Kota Lama Semarang tepatnya di bundaran bubakan. Menggunakan, teknologi imersif yang canggih, pengunjung yang hadir bisa merasa seperti terlempar di masa lalu. Pasalnya, dengan teknologi ini, ada satu ruangan khusus yang dindingnya sekaligus menjadi layar tempat memutar video.

Selain itu, di museum ini kita bisa melihat sisa bangunan kuno yang sempat terbenam tanah. Sejarah Kota Semarang sejak tahun 1547 dijelaskan di museum ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya