SOLOPOS.COM - Wagub Jateng Taj Yasin touring dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Jateng meninjau sejumlah lokasi di Kabupaten Grobogan didampingi Bupati Sri Sumarni. (Istimewa)

Solopos.com, PURWODADI — Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng) Taj Yasin, mengecek proses perbaikan ruas jalan Kedungjati-Salatiga di Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Sabtu (20/8/2022).

Wagub Taj Yasin meminta perbaikan jalan alternatif yang mengalami longsor sejak bulan Maret kemarin bisa diperkuat sehingga tidak terancam longsor lagi.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Taj Yasin mengecek jalan saat touring sepeda motor dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah, bersama sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng.

“Saya minta masyarakat sabar dulu, kita assessment dulu karena ini masih gerak. Enggak bisa langsung permanen. Nanti kita akan koordinasi dengan kereta api (PT KAI) dulu, karena lokasinya milik KAI,” kata Taj Yasin seusai pengecekan kepada wartawan.

Perbaikan jalan tersebut, lanjut Wagub Jaten, akan dikebut pada tahun 2023. Saat ini masih proses penelitian kondisi tanah di lokasi longsor, agar saat pembangunan jalan kembali tidak lagi rusak.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan di Tol Batang yang Merenggut Nyawa Ayah Emil Dardak

“Kita pikirkan desain yang lebih baik dan rencananyanya pembangunan akan dilaksanakan pada 2023. Kita masih meneliti kontur tanahnya,” ujar Taj Yasin.

Saat ini penanganan bersifat sementara, di mana jalan belum dibuat permanen. Untuk mencegah longsor, dinas terkait juga telah membuat saluran air, agar saat hujan air tidak memperparah kondisi jalan.

“Sudah dibuatkan aliran air dari atas, sudah aman. Sehingga nanti kalau hujan air tidak menggenang tapi langsung mengalir,” katanya.

Selain mengecek kondisi jalan milik Pemprov Jateng, Wagub juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat di dua titik, yakni Desa Sugih Manik, dan Desa Jumo, di Kabupaten Grobogan.

Baca juga: Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

Taj Yasin mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan memperhatikan kondisi sekitar. Masyarakat juga diminta membantu pencegahan stunting.

Di Sugihmanik, Wagub Taj Yasin mengecek bantuan kambing yang bersumber dari gaji pribadi Wagub. Bantuan lima ekor kambing kini telah berkembang menjadi 11 ekor kambing. Ia merasa senang bantuan kambing telah berkembang.

“Dijaga ya biar terus berkembang,” pesan Taj Yasin saat melihat kandang kambing di permukiman warga. Hadir pula Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Kepala Dinsos Grobogan Edi Santoso.

Salah satu kambing yang dipelihara sejak Oktober 2021 lalu, beranak sebelum Wagub datang melihat. “Andai tadi langsung ke sini [tidak cek jalan dulu] kita bisa lihat kambingnya melahirkan ya,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya