SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 1 Parakan, Temanggung, Rabu (29/6/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan pendaftaran PPDB SMA dan SMK 2022 di Temanggung, Rabu (29/6/2022). Ia pun menemukan sejumlah permasalah, kendati tidak serius dan bisa diselesaikan dengan cepat.

Ganjar menyebut pelaksaan PPDB sejauh ini berjalan cukup lancar. Ia tidak menampil sempat terjadi beberapa kendala teknis namun bisa diselesaikan dengan cepat oleh petugas di lokasi.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Kalau kita melihat ini cukup lancar di SMA Negeri 1 Parakan,  Temanggung, anak-anak juga sudah menyiapkan diri. Ya beberapa kali terjadi problem server tapi sudah ditanggulangi atau mereka pada saat mengisi beberapa formulir persoalan bisa dibantu, jadi so far sih ya bagus sampai hari ini,” kata Ganjar seusai mengecek PPDB di SMA Negeri 1 Parakan, Kabupaten Temanggung, Rabu.

Ganjar mengatakan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ia ingin memberikan jaminan kepada masyarakat terkait kelancaran PPDB. Maka dari itu, ia juga meminta agar orang tua calon peserta didik untuk ikut mendampingi saat pendaftaran. Termasuk menyiapkan alternatif apabila di salah satu sekolah kapasitas tidak dapat menampung.

“Kita pengin semuanya membikin lancar dan kita butuh bantuan dari orangtua untuk mendampingi anaknya. Satu, agar dokumennya benar. Kedua, menyiapkan kalau kemudian kapasitas sekolah itu tidak cukup siapkan plan b dan c,” jelasnya.

Rencana alternatif tersebut harus disiapkan dengan baik sehingga anak-anak tidak berkeinginan atau bergantung hanya pada satu sekolah saja. Terlebih animo pendaftar di tiap sekolah pasti berbeda sehingga berpengaruh pada peluang penerimaan.

Baca juga: Ini Link Pendaftaran PPDB Jateng 2022 dan Tata Cara Daftar

“Jadi anak-anak tidak berkeinginan hanya satu titik saja yang dituju karena pasti animonya sangat tinggi. Apalagi sekolah-sekolah yang biasanya di daerah, ada kata yang dia sebut favorit, itu biasanya ingin semuanya,” ungkap Ganjar.

Melalui proses PPDB SMA dan SMK Jateng 2022, Ganjar berharap ada edukasi mengenai integritas dan proses yang baik kepada orang tua maupun murid. Maka pendampingan dari orangtua diperlukan untuk memberikan penjelasan kepada calon peserta didik.

Sementara itu, seorang warga, Sri Wahyuni asal Jumo, Temanggung, mengaku sempat ada kendala saat mendampingi mendaftarkan anaknya di SMA Negeri 1 Parakan. Ia agak kesulitan saat mendaftar secara online namun itu cepat diselesaikan dengan bantuan dari petugas di lokasi.

Baca juga: Berikut Pembagian Zonasi SMA Negeri di Semarang pada PPDB Jateng 2022

“Saya agak gaptek jadi tadi sempat kesulitan. Semoga tahun ke depan lebih dimudahkan, terutama terkait teknis, agar orang tua tidak bingung. Kalau persyaratan tidak ada kendala karena sudah diinformasikan sejak awal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya