SOLOPOS.COM - Kondisi di dalam ruang kelas sekolah pendidikan anak usia dini (Paud) Rumah Pintar Patra Sutera. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Persoalan banjir rob di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), masih menjadi pekerjaan rumah atau PR yang hingga kini belum bisa tertuntaskan. Sebab, dampak banjir rob yang terjadi di pesisir pantai utara (Pantura) itu tak hanya mengancam kesehatan warga, namun juga mengancam impian anak-anak untuk bersekolah.

Salah satunya adalah gedung sekolah pendidikan anak usia dini (Paud) Rumah Pintar Patra Sutera. Tampak, papan nama sekolah paud yang tertempel di depan gedung itu sudah hilang seiring cat tembok yang mulai mengelupas. Namun, masih ada sisa-sisa hiasan dinding dan alat pembelajaran yang dibiarkan berserakan baik di dalam maupun luar sekolah.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Saat ditelisik lebih juah, ternyata kegiatan belajar mengajar di Paud Rumah Pintar Patra Sutera itu juga sudah ditinggalkan sejak tiga tahun lalu. Saat ini, satu-satunya yang setia di dalam ruangan, hanya foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, KH Ma’aruf Amin.

Kendati sudah ditinggalkan, puluhan anak-anak yang sebelumnya belajar di Paud Rumah Pintar Patra Sutera masih bersemangat melaksanakan kegiatan belajar mengajar demi menggapai impianya. Meski kegiatan pembelajaran itu kini dipindah ke rumah Keua RW 016 Tambakrejo, Slamet Riyadi.

Ketua RW 016 Tambakrejo, Slamet Riyadi, mengatakan kegiatan belajar mengajar di Paud Rumah Pintar Patra Sutera sudah digelar sejak 2020 lalu. Ia menyulap ruang tamunya menjadi ruang kelas yang nyaman bagi anak-anak paud yang akan menimba ilmu setiap Senin-Jumat.

“Sekolah Paud itu [berdiri] sejak 2012. Sebelum terdampak rob, fasilitasnya sudah lengkap, mulai dari buku-buku sampai wahana mainan anak-anak. Bahkan dulu itu di sini ramai, tapi semenjak sering rob, ya jadi begini kondisinya [terbengkalai],” kenang Slamet saat menceritakan kisah Paud Rumah Pintar Patra Sutera kepada Solopos.com, Kamis (10/8/2023).

Musrenbang

Slamet mengungkapkan, rencana tahun 2024 Paud Pintar Patra Sutera bakal ditinggikan agar tak tergenang rob dan bisa difungsikam kembali untuk kegiatan pembelajaran. Sehingga, 25 anak yang saat ini belajar di rumahnya bisa kembali ke sekolah dengan sarana dan prasarana yang lebih memadai.

“Kemarin waktu Musrenbang sudah diusulkan. Pak Lurah sudah bilang, rencana tahun depan bakal ditinggikan,” bebernya.

Lebih jauh, Slamet juga sangat menanti-nanti penyelesaian sheet pile Tambaklorok yang digadang-gadang Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sebagai penanggulangan banjir rob. Ia berharap janji pemerintah yang bakal menyelesaikan pengejaan sabuk pantai itu pada akhir tahun 2023 ini benar-benar ditepati.

“Kami sangat menanti itu [sheet pile]. Semoga bisa segera tuntas. Sehingga ancaman rob dan abrasi benar benar hilang. Aktivitas sekolah dan bekerja warga bisa kembali normal tanpa gangguan dan waswas harus selalu meninggikan [rumah],” harapnya.

Sementara itu, pengelola Paud Rumah Pintar Patra Sutera, Sitatun, menambahkan jika pengajar dan wali murid sempat bertahan di Gedung Sekolah Paud Patra Sutera meski sering terjadi rob. Hingga suatu ketika, terdapat dua siswa yang terpeleset tangga dan jatuh saat pulang ke sekolah. Peristiwa tersebut menjadi pukulan berat kepada pengelola Paud Patra Sutera.

“Saat itu [sebelum kejadian], ketika rob kita masih bisa menggunakan gedung yang atas,” tutup Sitatun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya