SOLOPOS.COM - Jajaran Polsek Wonogiri dan Koramil 01 Wonogiri menyambangi warga yang sedang berjaga di poskamling di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (20/10/2022) malam. (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, SEMARANG — Kabupaten Cilacap ternyata menjadi daerah terbanyak di Jateng yang memiliki pos keamanan lingkungan (poskamling). Tak tanggung-tanggung, jumlah poskamling aktif di Cilacap mencapai 2.976 poskamling.

Data tersebut mengacu pada Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Tengah dalam Angka 2022. Ribuan poskamling aktif di Cilacap itu mengacu pada data di tahun 2021.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Sebanyak 2.976 poskamling aktif di Cilacap tersebar di sejumlah kelurahan/desa. Di Cilacap memiliki 284 kelurahan/desa.

Selain memiliki ribuan poskamling aktif, Kabupaten Cilacap juga memiliki poskamling pasif, yakni mencapai 888 poskamling. Dengan demikian, gabungan poskamling aktif dan pasif di Cilacap mencapai 3.864 poskamling.

Di urutan kedua terdapat Kabupaten Wonogiri yang memiliki 2.873 poskamling aktif. Wonogiti memiliki 294 kelurahan/desa.

Di Wonogiri juga terdapat 892 poskamling pasif. Sehingga total poskamling di Wonogiri, baik yang aktif dan pasif mencapai 3.765 poskamling.

Di sisi lain, Kota Tegal memiliki poskamling aktif paling sedikit di Jateng, yakni mencapai 22 poskamling. Sedangkan jumlah poskamling pasif di Kota Tegal mencapai 67 poskamling. Di Kota Tegal terdapat 27 kelurahan.

Secara keseluruhan, dari 35 kabupaten/kota di Jateng memiliki 8.562 kelurahan/desa. Dari jumlah itu, terdapat 41.192 poskamling aktif dan 36.090 poskamling pasif. Total poskamling di Jateng mencapai 77.282 poskamling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya