SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bukit Sikunir. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, WONOSOBOBukit Sikunir merupakan salah satu wisata populer di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng). Memiliki panorama alam yang indah, Bukit Sikunir juga menjadi destinasi favorit di kalangan pencinta alam maupun pendaki gunung.

Meski demikian, bukan berarti Bukit Sikunir tidak cocok dijadikan wisata alam bagi keluarga. Fasilitas wisata yang disediakan pengelola sudah sangat menunjang kenyamanan pengunjung.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Lokasi Bukit Sikunir terletak di kawasan Dieng, dan berhadapan dengan Gunung Sindoro. Tempat ini berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, yang juga dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa.

Saat sampai, pengunjung dapat terlebih dahulu untuk mendirikan tenda di dekat Telaga Cebong. Jika tidak, dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Puncak Bukit Sikunir. Jalur pendakian menuju Gunung Sikunir sudah tertata secara baik dan bersih. Saat awal perjalanan, pengunjung akan melewati area penjual makanan, minuman, dan pakaian. Selanjutnya, para pengunjung akan berjalan di jalur pendakian paving block. Kondisi jalur trekking atau hiking-nya masih terbilang belum menguras banyak tenaga.

Hingga kemudian pengunjung akan sampai pada anak tangga. Kondisi tangga pendakiannya sangat miring, dan cukup menguras banyak tenaga. Apalagi di samping anak tangga tersebut terpasang pagar pembatas keamanan. Tanda pendakian menuju puncak wisata Gunung Sikunir sudah dekat adalah saat pengunjung sudah sampai di musala. Pengunjung hanya perlu melanjutkan sedikit lagi trekkingnya, dan begitu sampai akan mulai melihat satu gazebo yang ada di puncak Gunung Sikunir.

Gunung yang berada di ketinggian 2.263 mdpl ini sangatlah populer sebagai salah-satu bukit yang menyajikan keindahan golden sunrise terbaik di Wonosobo. Pengunjung biasanya akan mulai mendaki sebelum azan subuh. Tetapi jika pengunjung melewatkan golden sunrise, maka tidak perlu kecewa karena puncak Bukit Sikunir masih menawarkan pesona alam yang sangat menawan dan instagramable. Contohnya seperti view Gunung Sindoro yang saling berhadapan dengan Gunung Sikunir. Gunung Sindoro dapat menjadi background foto favorit pengunjung saat melakukan selfie.

Untuk pengunjung yang hendak camping di Bukit Sikunir, maka di sini juga sudah tersedia lokasinya yang berada di dekat sebuah telaga, atau danau, yang bernama Telaga Cebong. Di lokasi ini juga biasanya menjadi tempat menginap bagi yang ingin berburu golden sunrise.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya