SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Salatiga, Syaemuri (tengah), saat melayani pertanyaan wartawan terkait data pemilih dalam coklit di kantornya, Jumat (17/3/2023). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) Kota Salatiga telah selesai melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih untuk Pemilu 2024. Sebanyak 149.676 pemilih hasil penyandingan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu sebelumnya pun telah dimutakhirkan.

Ketua KPU Kota Salatiga, Syaemuri, menyebut data pemilih 149.676 itu didapatkan KPU dari Kementerian Dalam Negeri untuk bahan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Sudah kita bagi sesuai dengan alamat, di masing-masing kelurahan, masing-masing kecamatan menjadi 651 TPS. Kemudian kita angkat pantarlih sejumlah TPS tersebut,” terang Syaemuri saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Jumat (17/3/2023).

Dijelaskan saat ini masuk proses rekapitulasi hasil coklit yang dilakukan Pantarlih di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) masing-masing kelurahan.

“PPS punya waktu sampai tanggal 29 Maret 2023, untuk nanti dirapatkan pleno dan itu ditetapkan DPS,” ungkap dia.

Di tingkat PPS nanti data coklit dari pantarlih akan diinventarisasi. Kemudian setelah itu secara berjenjang akan direkapitulasi di tingkat kecamatan.

“Itu baru ketemu angka daftar pemilih sementara [DPS]. Sementara itu artinya masih memungkinkan berjalannya waktu masih bertambah. Ada yang masuk atau berkurang,” jelas Syaemuri.

Dikatakan jika nantinya ada pemilih yang belum terdaftar, Syaemuri meminta seluruh komponen masyarakat agar melaporkan ke PPS, agar segera didaftarkaan sebagai pemilih.

“KPU berharap semua komponen ini bisa bersama-sama KPU untuk mewujudkan daftar pemilih yang komprehensif dan mutakhir,” katanya.

Daftar pemilih di Kota Salatiga sejumlah 149.676 tersebar di empat kecamatan di kota Salatiga. Berikut daftar pemilih per kecamatan yang sudah dilakukan coklit oleh pantarlih sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Kecamatan Sidorejo memiliki jumlah pemilih terbanyak dengan 41.566 pemilih dan ada 187 TPS. Kemudian diikuti Kecamatan Argomulyo dengan total pemilih 37.883 dengan 167 TPS, Kecamatan Tingkir ada 35.847 pemilih dan 145 TPS, dan Kecamatan Sidomukti ada 34.380 pemilih dengan 153 TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya