SOLOPOS.COM - Suasana penyerahan medali dan sertifikat kepada prajurit Yonarhanud-15/DBY. di Ruang Bina Yuda, Makodam, Jumat (30/12/2022). (Ist)

Solopos.com, SEMARANG – Prestasi membanggakan baru ditorehkan prajurit Yonarhanud-15/Dahana Baladika Yudha (DBY) Semarang. Prajurit TNI Kodam IV Diponegoro ini meraih juara ketiga pada kejuaraan dunia barongsai bertajuk International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF) 2022.

Prajurit Yonarhanud-15/DBY meraih juara ketiga pada kategori Elite Wulong yang digelar secara virtual. Ajang ini diikuti 19 negara yang masing-masing menampilkan tim terbaiknya.

Promosi BRI Hadiahkan Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Super AgenBRILink

Pengurus Besar Persatuan Seni Olahraga Barongsai Indonesia (Persobarin) pun memberikan medali perunggu serta sertifikat juara ke-3 kepada Letkol Arh Viki Herwandi, selaku pembina sekaligus Danyonarhanud-15/DBY. Penyerahan dilakukan di Ruang Bina Yuda, Makodam, Jumat (30/12/2022) oleh Ketua Umum Persobarin, Dahlan Iskan, dan Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Deddy Suryadi.

Kasdam langsung mengungkapkan rasa bangganya kepada tim Sasana Naga Doreng Yonarhanud-15/DBY atas prestasi yang membanggakan satuan. Selain itu, prestasi itu telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Alhamdulillah dengan segala keterbatasan, Sasana Naga Doreng Yonarhanud-15/DBY mampu mendunia dan meraih juara ke-3. Apabila kedepannya ditekuni lagi, tidak menutup kemungkinan kita akan meraih juara pertama,” jelasnya.

Kasdam juga mengucapkan terima kasih kepada Dahlan Iskan, atas bimbingan Persobarin terhadap Sasana Naga Doreng Yonarhanud-15/DBY. Deddy juga berjanji kepada Dahlan, di gelaran nasional maupun internasional ke depan, Kodam IV/Diponegoro akan sepenuhnya mendukung pelaksanaannya.

“Karena Barongsai ini adalah salah satu kesenian budaya yang harus kita lestarikan dan tidak boleh luntur,” jelas Kasdam.

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Bambang Hermanto, yang turut hadir pada penyerahan penghargaan tersebut mengatakan, prajurit Yonarhanud-15/DBY juga berjasa lantaran mampu menunjukkan bahwa Indonesia khususnya Kodam IV/Diponegoro mampu bersaing di level Internasional.

“Meskipun memperoleh peringkat ke-3, namun capaian tersebut sudah luar biasa, karena dapat mengalahkan kontestan dari negara lainnya. Semoga apa yang didapat oleh Prajurit Yonarhanud-15/DBY menjadi motivasi bagi prajurit Kodam IV/Diponegoro lainnya untuk lebih semangat berlomba mencatatkan diri sebagai kesatria yang membanggakan satuannya,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya