SOLOPOS.COM - Ilustrasi Cuaca ekstrem.(JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Soloraya membuat dua pesawat batal mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, dan dialihkan (diverted) ke Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2024). Dua pesawat yang dialihkan itu yakni pesawat maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT925 rute Denpasar-Solo dan Batik Air ID7368 rute Cengkareng-Solo.

Relation Manager Bandara Ahmad Yani Semarang, Ahmad Zulian Noor, menyebutkan kendati sempat dialihkan sementara, kedua pesawat tersebut sudah mulai persiapan kembali terbang ke Solo. Sejatinya, pesawat Lion Air JT925 dari Denpasar akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 16.37 WIB dan pesawat Batik Air dari Cengkareng akan mendarat di Solo pukul 16.45 WIB. Namun karena cuaca buruk di wilayah Soloraya, kedua pesawat itu akhirnya dialihkan sementara.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Bukan mendarat darurat, tapi diverted karena cuaca buruk di Solo. Jadi harus dialihkan ke bandara terdekat, Semarang,” ujar Ahmad kepada wartawan, Selasa (5/3/2024) malam.

Terkait berapa jumlah penumpang di dua pesawat itu, Ahmad mengaku tak mengetahuinya secara pasti. Selain itu, data penumpang berada di masing-masing maskapai. Meski demikian, Ahmad memastikan para penumpang kedua pesawat tersebut dalam kondisi baik-baik saja. Terlebih, pesawat juga tidak melakukan pendaratan darurat atau mendarat dengan lancar.

“Biasa ini [dialihkan] di dunia penerbangan. Kalau bandara tujuan lagi mengalami cuaca buruk, pilot tidak berani landing, pasti dialihkan bandara alternatif. Kurang lebih 1 jam tadi [pengalihannya],” ujar Ahmad.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya