SOLOPOS.COM - BPBD Kota Salatiga bersama relawan saat menanggulangi pohon tumbang yang terjadi di Jalan Jenderal Soedirman Kota Salatiga Jumat (19/1/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Dua hari terakhir ini wilayah Kota Salatiga dan sekitarnya diterjang  angin kencang. Bencana alam yang melanda Salatiga ini terjadi dalam dua hari penuh, baik pagi, siang, dan malam. Akibatnya, sebanyak 31 pohon tumbang di sejumlah wilayah Kota Salatiga hingga Sabtu (20/1/2024).

Kepala BPBD Kota Salatiga Roy Anjar menyebut, selama dua hari terakhir ini ada 31 pohon tumbang. Pihaknya bersama pihak terkait setiap hari harus berjibaku dengan adanya laporan dari masyarakat adanya pohon tumbang.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Kami mengerahkan 25 personil, dibantu Polri-TNI, DLH, PLN, PMI, Tagana, Relawan kelurahan, dan Damkar,” terang Roy kepada Solopos.com, Sabtu.

Dikatakan, pada Jumat (19/1/2024) tercatat 25 kejadian pohon tumbang. Sementara Sabtu (20/1/2024) ini ada 6 kejadian pohon tumbang. 

Peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi di dekat pemukiman warga dan jalan raya. Seperti Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga dan Jalan Jenderal Soedirman Salatiga. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ungkap Roy.

Roy mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat berada di rumah maupun di luar rumah. Selain itu, ia juga meminta agar warga menghindari berdiam diri atau berteduh di dekat pohon yang berpotensi tumbang.

“Dari informasi BMKG angin masih kemungkinan terjadi sampai tanggal 24 Januari 2024, untuk itu masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dan menghindari pohon yang berpotensi tumbang,” tandas Roy.

Salah seorang warga Argomulyo Salatiga, Nafiul mengaku takut dengan seringnya angin kencang yang melanda Salatiga beberapa hari terakhir. Terlebih di dekat rumahnya banyak pohon-pohon tua.

“Ada pohon juga dekat rumah jadi takut. Ini dari pagi sampai malam angin kencang tidak berhenti. Tidur juga susah,” kata Nafi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya