SOLOPOS.COM - Air Curug Nini yang mengalir sejuk di tengah hutan hijau di Purbalingga. (Istimewa/Instagram @mzr_azizi)

Solopos.com, PURBALINGGA — Kabupaten Purbalingga dianugerahi dengan banyaknya curug yang tersebar di wilayahnya.

Tak heran, kabupaten yang berada di lereng Gunung Slamet ini menerima julukan istimewa, Negeri Seribu Curug. Setiap curug yang ada memiliki karakteristik dan pesona yang unik, mulai dari ketinggian, lebar, hingga tingkat kerumitan medan yang dilaluinya.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Jika Anda sedang berkunjung ke Purbalingga, jangan lupa menyempatkan waktu mengunjungi keindahan pesona curug yang dimiliki wilayah ini. Salah satunya, Anda bisa mengunjungi Curug Nini yang terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Anda bisa menempuh perjalanan melalui Alun-alun Purbalingga dengan jarak tempuh sekira 11 kilometer dengan waktu tempuh sekira 20 menit. Perjalanan yang tidak terlalu jauh bukan?

Tak seperti curug-curug di wilayah lainnya, Curug Nini ini memiliki ketinggian air terjun yang relatif rendah, sekira 10 meter saja. Meskipun rendah, curug ini justru menjadi daya tarik wisatawan.

Hal ini juga menjadikannya sebagai destinasi populer di kalangan keluarga dan anak-anak. Pengunjung dapat menikmati suasana alam yang menenangkan tanpa khawatir tentang risiko yang berlebihan.

Dilansir oleh laman website infowisata.purbalinggakab.go.id pada Kamis (24/8/2023), meskipun musim kemarau melanda seperti sekarang ini, pasokan air tetap mengalir meski intensitas alirannya yang mengalami penurunan. Hal itu menjadi keunikan dari Curug Nini.

Kondisi kolam di bawah air terjun memainkan peran penting dalam menarik perhatian. Dengan kedalaman yang cukup dangkal, pengunjung dapat dengan aman beraktivitas di dalam kolam tanpa perlu merasa cemas. Ini memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi mereka yang ingin bermain air atau berendam.

Bukan hanya keamanan yang menjadi daya tarik Curug Nini, bagi pencinta tantangan dan senang memacu adrenalin, curug ini memberikan kesempatan bagi wisatawan yang ingin melompat bebas atau free cliff jumping dari tebing.

Mempesona dengan keindahan alamnya, air terjun di Curug Nini ini mengalir lembut di antara batuan alami dan hijau pepohonan yang melingkupinya sehingga menciptakan pemandangan memikat.

Pemandangan tersebut juga menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen berharga dengan kamera ponsel ataupun lensa kamera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya