SOLOPOS.COM - Brekecek Pathak Jahan khas Cilacap. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, CILACAPCilacap terkenal dengan wisata alamnya yang memukau. Kota yang terletak di pesisir selatan Jawa Tengah ini menyuguhkan panorama pantai yang memanjakan mata.

Namun, tak hanya pesona pesona alamnya yang menawan. Kota ini juga dapat memanjakan perut dengan kekayaan kuliner yang lezat nan menggugah selera.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Kuliner di kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini kian mencuri perhatian pencinta kuliner. Melalui kuliner khas yang dimiliki Cilacap, kota ini menjadi tujuan wisata kuliner yang menjadi magnet pengunjung di berbagai penjuru.

Ingin menikmati kuliner di Cilacap? Berikut rekomendasi kuliner khas Cilacap yang patut dicoba dan sayang kalau terlewatkan.

1. Brekecek Pathak Jahan

Brekecek pathak jahan merupakan kuliner kebanggaan warga Cilacap. Jenis kuliner ini berbahan dasar ikan laut, terutama di bagian kepala ikan.

Brekecek Pathak Jahan Cilacap
Olahan Brekecek Pathak Jahan khas Cilacap. (Istimewa/Instagram @hompremierecilacap)

Dilansir oleh laman website visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Sabtu (5/8/2023), brekecek berasal dari dua kata, yaitu brek yang bermakna dijatuhkan atau diletakkan dan kecek yang bermakna dicampur.

Sementara pathak merupakan bagian kepala. Sedangkan jahan adalah jenis ikan yang digunakan.

Brekecek pathak jahan ini disajikan bersamaan dengan kuah kental kuning kemerahan menyerupai rica-rica. Namun bukan berarti rasanya sama seperti rica-rica, ya!

Umumnya, brekecek pathak jahan dihidangkan bersama nasi putih dan taoge. Sensasi menikmati bumbu yang meresap di tulang kepala ikan jahan.

2. Satai Martawi

Ingin mencicipi kuliner khas Cilacap tapi tidak suka dengan olahan ikan? Anda wajib mencoba satai martawi.

Satai Martawi Cilacap
Satai Martawi Cilacap. (Istimewa/Instagram @semarangfood)

Berbahan dasar daging ayam, satai martawi ini menggunakan saus kacang, sama seperti sajian hidangan satai pada umumnya. Namun yang menjadi ciri khas dari kuliner khas Cilacap ini terdapat pada penggunaan dua tusuk pada setiap satainya.

Dikutip dari unggahan Instagram @boborobudur, penggunaan dua tusuk ini bukan tanpa alasan. Difungsikan untuk menopang daging satai yang dipotong besar-besar agar tidak mudah patah.

Selain itu, fungsi lainnya ialah memudahkan bumbu meresap ke dalam daging dengan cara meregangkan antartusuk ketika sedang dibakar. Disajikan dengan saus kacang dengan campuran santan membuat bumbu saus kacang ini berwarna lebih terang dan rasa lebih gurih daripada saus kacang pada umumnya.

3. Soto Lebeng

Anda ingin kuliner khas Cilacap yang berkuah dan menyegarkan? Soto lebeng solusinya.

Soto Lebeng Cilacap
Soto lebeng khas Cilacap. (Istimewa/Instagram @ridwanpradana)

Tak berbeda dengan soto lainnya, soto lebeng dihidangkan dengan kuah kuning yang kaya akan rempah. Soto lebeng disajikan dengan nasi yang dilengkapi dengan suun, potongan kubis, kecambah, dan potongan ayam yang melimpah.

Untuk hiasan soto biasa ditaburi dengan daun seledri, bawang goreng, dan kerupuk banggi merah.

Tapi tak sampai di situ saja. Hal yang membuat soto ini istimewa adalah sajian mendoan sebagai lauknya. Mendoan bukan sembarang mendoan, mendoan yang digunakan adalah mendoan monster karena ukurannya yang besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan piring makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya