SOLOPOS.COM - Panorama indah di Air Terjun Tedunan, Pati. (Istimewa/Instagram @akmal6651)

Solopos.com, PATI — Terletak dengan anggun di lereng Gunung Muria, Kabupaten Pati, Jateng menawarkan banyak destinasi wisata alam yang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Salah satu daya tarik wisata di daerah dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani ini, yakni sejumlah air terjun yang tersebar di berbagai sudut wilayahnya. Setiap air terjun memiliki karakteristik yang unik dan menciptakan perjalanan yang berbeda setiap kali Anda mengunjungi tempat ini.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Namun, tak jarang juga jika para pengunjung harus menghadapi medan yang menantang untuk mencapai lokasi air terjun sehingga menambah kesan petualangan dalam perjalanan wisata.

Diolah dari berbagai sumber, destinasi wisata air terjun ini terkenal dengan medan yang membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai di lokasi. Berikut tiga air terjun yang memesona di Pati:

1. Air Terjun Tretes

Terletak di Kali Silugonggo, Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, air terjun yang satu ini cocok bagi wisatawan yang berani menaklukkan medan yang menantang. Akses ke air terjun ini pun bukanlah perkara mudah.

Perjalanan menuju Air Terjun Tretes tidak hanya melibatkan jalan setapak, tetapi juga melewati sungai berbatu yang licin. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman dan anti licin guna menghindari risiko cedera selama perjalanan.

Sesampainya di lokasi air terjun, tenaga yang terkuras akan terbayar lunas dengan gemercik air yang menyentuh kulit dari air yang jatuh dari ketinggian. Sebelum memutuskan mengunjungi Air Terjun Tretes, sangat penting memperhatikan prakiraan cuaca karena medan akan menjadi lebih licin dan sulit saat musim penghujan.

2. Air Terjun Tedunan

Terletak di Dukuh Jonggol, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Meskipun belum setenar wisata lain yang ada di tanah Gembong, namun air terjun ini punya pesona yang luar biasa.

Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan akan disuguhkan dengan medan terjal yang memerlukan kewaspadaan ekstra. Namun, terlepas dari rintangan medan yang curam dan menantang, perjalanan ini akan terbayarkan lunas.

Sebelum berhasil mencapai ke lokasi, wisatawan bisa berhenti sejenak di warung-warung sekitar untuk memulihkan tenaga yang hilang. Ketika perjalanan tiba, pengunjung akan dihadiahi dengan pemandangan megah di Air Terjun Tedunan.

Tak hanya itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan deretan pegunungan Muria dan ladang persawahan yang menjadi latar belakang sempurna.

3. Air Terjun Grenjengan Sewu

Tersembunyi di area hutan Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati, air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini menghadirkan keajaiban alam yang memukau.

Tersembunyi di balik hutan yang rimbun, derasnya aliran air yang jatuh dari ketinggian menciptakan suasana yang menenangkan dan menenangkan jiwa.

Di sini, wisatawan tak hanya mengagumi keindahan air terjun. Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru seperti offroad dengan trek menantang bersama orang tersayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya