SOLOPOS.COM - Es Lontrong Slawi Tegal. (Istimewa/cookpad.com)

Solopos.com, TEGAL — Berkeliling seharian menjelajahi wisata Tegal pasti cukup melelahkan. Untuk mengembalikan energi, Anda perlu asupan dengan jelajah kuliner khas daerah ini.

Setelah mencicipi makanan khasnya, tak lengkap juga jika tidak mencoba minuman segar khasnya daerah Tegal. Pada cuaca yang panas sangat cocok untuk menikmati minuman dingin dan segar untuk melepas rasa dahaga di tenggorokan.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Berikut beberapa rekomendasi minuman khas Tegal yang cocok kamu nikmati saat cuaca panas.

1. Es Sagwan

Konon katanya es sagwan ini sudah ada sejak zaman Presiden Soekarno. Es sagwan dibuat pertama kali pada tahun 1951 dan menjadi favorit anak-anak sekolah kala itu.

Kemudian diwariskan secara turun-temurun sampai sekarang. Bagi yang pernah ke Tegal pasti sudah asing dengan minuman legendaris ini.

Ciri khas es sagwan adalah di dalamnya terdapat butiran panjang menyerupai dawet namun bedanya warnanya putih karena terbuat dari tepung tapioka.

Biasanya es sagwan ini disajikan dengan pelengkap berupa potongan nangka, es serut, santan, lalu dipadukan dengan sirup merah.

Kini es sagwan memberi banyak pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera, seperti rasa stroberi, melon, hingga cokelat.

2. Es Lontrong

Selain es sagwan, Tegal juga mempunyai minuman legendaris lainnya yaitu es lontrong. Isian es lontrong sendiri terdiri dari cincau hijau dan kacang hijau yang kemudian dituang larutan gula merah atau sirup pandan merah dan juga santan.

Ada es lontrong yang cukup populer di Tegal yaitu es lontrong di Slawi, terletak di Jl. Mayjend. Sutoyo di daerah Slawi. Dinamakan es lontrong karena dulu ada satu pedagang es dari Slawi yang berjualan di gang kecil bernama gang lontrong.

3. Teh Poci

Selanjutnya ada teh khasnya Tegal yang berasal dari daerah Slawi, di mana proses pembuatan teh diseduh dengan memakai poci jenis gerabah.

Hal yang membuat teh dari Tegal ini berasa khas adalah penggunaan gula batu untuk pemanisnya. Lantaran diseduh di poci gerabah, berhasil memunculkan aroma teh menguar khas. Kegiatan minum teh ini yang dilakukan oleh masyarakat sekitar sering dikenal dengan nama moci.

4. Es Dawet Beras Tegal

Es yang satu ini juga merupakan minuman tradisional khas Tegal yang memiliki aroma khas, yaitu aroma wangi jeruk purut. Hal itu didapatkan dari cara penyajiannya yang unik di mana jeruk purut dipukul-pukul ke mangkuk yang hendak digunakan.

Baru setelah itu, dawet dimasukkan ke mangkuk dan ditambah dengan gula merah yang sudah dicairkan. Berbeda dengan es dawet biasanya, minuman khas Tegal ini menggunakan dawet dawet beras.

5. Es Krim Batok

Tak ketinggalan dengan es krim kekinian, es krim Tegal yang sudah melegenda mencoba membuat inovasi dalam penyajiannya. Salah satunya es krim batok.
Dulunya disebut es krim pot. Kini es krim ini disajikan dengan menggunakan batok kelapa tanpa meninggalkan rasa khasnya.

Dalam satu porsi es krim batok berisi dua varian es krim cokelat dan stroberi dengan banyak topping, seperti jelly, irisan semangka, daging kelapa muda, coco crunch, biskuit, meses, choco chips, serta astor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya