SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Kalangan pengembang mulai menaikkan harga jual rumah seiring kenaikan harga bahan bakar minyak jenis premium beberapa waktu lalu.

“Untuk kenaikan harga berkisar antara 7,5%-10%, meski demikian belum semua pengembang melakukan kenaikan harga tersebut,” kata Wakil Ketua Real Estate Indonesia Jateng Bidang Promosi, Humas dan Publikasi Dibya K Hidayat pada pembukaan pameran REI ke-10 di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (4/10/2014).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Menurut dia, kenaikan terpaksa dilakukan karena harga material bangunan yang juga mengalami kenaikan. Meski demikian, masih ada sebagian pengembang yang belum menaikkan harga rumah dengan alasan masih menghabiskan stok sebelumnya.

Kenaikan BBM ini diperparah dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang tidak juga turun sehingga material dari impor terpaksa harus menyesuaikan kondisi pasar, katanya.

“Beberapa material impor yang mengalami kenaikan harga karena dolar di antaranya semen, besi, paku, dan aksesori rumah salah satunya keramik,” katanya.

Oleh karena itu, Dibya merasa optimistis dengan hasil penjualan pameran yang dilaksanakan di Mal Ciputra mulai tanggal 4-15 Desember mengingat masih banyak pengembang yang menggunakan harga lama.

“Mestinya ini menjadi momen baik bagi masyarakat yang ingin membeli rumah sebelum dilakukan kenaikan harga, karena dipastikan setelah pameran ini harga rumah untuk semua tipe kecuali rumah sederhana pasti mengalami kenaikan,” katanya.

Jika pada pameran sebelumnya, REI menargetkan penjualan rumah antara 60-70 unit untuk saat ini pihaknya optimistis penjualan bisa lebih dari itu.

“Apalagi kalau akhir tahun seperti ini biasanya penjualan rumah sangat baik, kondisi ini biasa terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya