SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebutuhan pokok masyarakat. (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi kebutuhan pokok

Ilustrasi kebutuhan pangan. (JIBI/solopos/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang terus memantau harga sembako untuk mengantisipasi kenaikan harga yang berlebihan.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Pantauan ini kami lakukan mulai dari distributor hingga penjual pasar, jangan sampai terjadi kenaikan harga yang berlebihan hingga merugikan masyarakat,” ujar Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah seperti dikutip Antara, Rabu (19/11/2014).

Dia mengakui kenaikan harga BBM subsidi, pasti berdampak pada kenaikan harga di sejumlah komoditas.

Ia menjelaskan jika kenaikan melebihi batas normal akan dilakukan langkah untuk menekan harga, salah satunya dengan menggelar pasar murah.

Mengenai pasokan dan stok bahan pokok di Semarang, katanya, hingga saat ini masih normal.

Ia menjelaskan pasokan yang lancar meminimalkan kemungkinan terjadinya kenaikan harga yang berlebihan di masyarakat.

Dampak kenaikan harga BBM subsidi, sejumlah komoditas juga mengalami kenaikan harga. Salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan, yaitu cabai merah.

Jika sebelumnya harga cabai merah besar Rp35 ribu/kg, saat ini sudah mencapai Rp60.000/kg.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Karang Ayu, Ratmi, sebelum menjadi Rp35.000/kg, harga cabai di kisaran Rp17.000/kg.

Harga cabai jenis lain juga mengalami kenaikan cukup signifikan, di antaranya cabai hijau dari harga Rp7.000/kg menjadi Rp23.000/kg, sedangkan untuk cabai rawit dari Rp40.000/kg menjadi Rp56.000/kg.

Harga komoditas lainnya, yaitu bawang merah jika sebelumnya Rp14.000/kg, saat ini menjadi Rp16.000/kg, bawang putih dari Rp13.000/kg menjadi Rp16.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya