SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho saat memantau arus mudik di Pospam Ramayana Salatiga, Kamis (20/4/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Exit Tol Salatiga menjadi salah satu titik rawan kemacetan akibat peningkatan arus kendaraan pemudik yang keluar Tol Salatiga dan daya tampung jalan raya dari Pintu Tol menuju Kota Salatiga yang kurang memadai.

Kapolres Salatiga, AKBP Feria Kurniawan, mengatakan pihaknya mengantisipasi dengan menempatkan Tim Urai dari Satlantas Polres Salatiga dan didukung oleh Sat Samapta.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Peningkatan tersebut terjadi lantaran sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau One Way arus mudik Lebaran 2023 dari Tol Cikampek Utama diperpanjang hingga Tol Salatiga per Kamis (20/4/2023).

Guna mengecek kondisi lalu lintas pasca-pemberlakuan One Way, Dir Lantas Polda Jateng Kombes Agus Suryo Nugroho mengecek jalur mudik mulai dari Pintu Gerbang Tol Kalikangkung hingga jalur arteri dari Kendal hingga Kota Salatiga.

“Terjadi peningkatan yang sangat signifikan hampir 300 persen dari hari biasanya. Ini juga membawa dampak terjadinya kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri di luar jalan tol. Masyarakat yang hendak mudik menggunakan roda dua juga sudah mulai terlihat,” jelasnya, di sela pengecekan.

Ihwal perpanjangan rekayasa One Way, kebijakan tersebut bakal diambil apabila traffic counting atau jumlah kendaraan yang melintas masih di antara 5000 sampai 6000 kendaraan per jam.

Apabila jumlah kendaraan berada di bawah angka itu, maka rekayasa One Way akan dihentikan pada Kamis pukul 24.00 WIB nanti malam.

“Untuk One Way lokal, akan melihat hasil traffic counting dari Pos Kalikangkung. Apabila jumlah kendaraan masih diatas 3.000 sampai 3.500 unit per jam tentunya akan diperpanjang, kemudian kalau sudah di bawah 3.000 unit per jam akan menyesuaikan. Saat ini berkisar antara 2.700 unit,” terang Agus.

Dirlantas Polda Jateng mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi arahan dari petugas yang melaksanakan pengamanan di lapangan. Hal ini guna memastikan masyarakat aman dan nyaman dan mudik aman dan berkesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya