SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berfoto dengan siswa SMPN 1 Solo di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Jumat (10/2/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, Puri Gedeh di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (10/2/2023), tampak riuh dan ramai dengan para pelajar. Ratusan siswa itu rupanya berasal dari SMP Negeri 1 Solo yang sengaja datang langsung ke kediaman Ganjar untuk bertemu dengan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Kedatangan ratusan siswa SMPN 1 Solo ini pun disambut langsung oleh Ganjar. Gubernur berambut putih itu bahkan berkesempatan berdialog langsung dengan para siswa tersebut.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kesempatan itu pun tak disia-siakan para siswa SMPN 1 Solo. Selain menunjukkan bakat dan prestasi, mereka juga melemparkan sejumlah pertanyaan ke Gubernur Ganjar seputar nilai Pancasila, kebhinekaan, hingga antikorupsi.

“Ya ini anak-anak SMP 1 Solo ke sini, yang menarik adalah mereka belajar tentang nilai-nilai Pancasila, dan hari ini kita ngobrol dengan mereka semuanya. Ternyata banyak anak-anak yang sangat berprestasi, anak-anak yang sangat hebat, dan tentu menarik karena ini bagian dari merdeka belajar dari anak-anak SMP,” ujar Ganjar.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) itu. Ganjar mengaku bangga, karena anak-anak kelas VII sudah punya pemikiran kritis tentang korupsi dan pemahaman yang baik tentang dasar-dasar negara.

“Ini bagus sekali, dia paham Salam Pancasila, dia paham nilai-nilai, paham perbedaan yang mesti dipersatukan, dia paham bagaimana memperlakukan orang lain,” ucapnya.

Ganjar juga menilai kegiatan yang dilakukan siswa SMPN 1 Solo itu penting diterapkan sejak dini. Dengan demikian, anak-anak itu dapat memegang teguh nilai-nilai prinsip tentang bernegara hingga antikorupsi.

“Ini penting, apalagi pertanyaannya ‘kenapa sih pak harus ada pendidikan antikorupsi dimulai dari anak-anak sekolah’, itu menurut saya hebat pertanyaan yang the best, karena dari situ lah kemudian kesadaran untuk berintegritas itu dibangun dan mereka akan membawa nilai-nilai yang prinsip,” tegasnya.

Sementara itu, dua siswa SMP Negeri 1 Solo, Nazril dan Qwinza yang sempat berinteraksi dengan Ganjar, mengaku senang. Mereka tak menyangka bisa bertemu langsung orang nomor satu di Pemprov Jateng itu.

“Senang, karena tidak semua orang bisa menemui Pak Ganjar. Enggak nyangka sih,” kata Nazril dan Qwinza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya