SOLOPOS.COM - Curug Bidadari. (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-purwokerto)

Solopos.com, BANYUMAS — Baturaden merupakan sebuah kecamatan di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), yang terkenal akan keindahan alamnya. Letak Baturaden berada di lereng Gunung Slamet sehingga banyak objek wisata alam, salah satunya air terjun atau curug. Berikut daftar wisata air terjun yang ada di Baturaden.

Baturaden dikenal sebagai daerah yang sejuk karena berada di ketinggian 300 hingga 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kawasan ini terletak di sebelah selatan lereng Gunung Slamet dan berjarak sekitar 7,5 km dari Kota Purwokerto, yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Baturaden selama ini dikenal memiliki berbagai macam objek wisata, baik alam maupun buatan. Wisata alam yang banyak terdapat di Baturaden adalah curug ataua air terjun.

Berikut daftar beberapa air terjun yang ada di Baturaden, Banyumas, dan keunikannya yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Pancuran Pitu

air terjun baturaden
Pancuran Pitu di Baturaden, Banyumas. (https://visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Pusat pesonanya ada di bebatuan dan di bawah pancuran 7 pipa dan sangat indah. Maka tak heran tempat wisata ini dinamakan Pancuran Pitu.

Pancuran Pitu memiliki bebatuan unik yang terbentuk dari aliran air belerang. Bahkan, beberapa wisatawan juga datang ke air terjun ini untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Oleh karena adanya belerang, air yang mengalir dari bebatuan di Pancuran Pitu ini berwarna cokelat. Meski demikian, warna cokelat ini menambah keindahan air terjun.

Jika ingin menuju air terjun ini, ada dua cara yang bisa dilalui, yakni melalui jalan setapak dan tangga di dalam Taman Rekreasi Baturaden. Cara kedua adalah melalui arah putar balik di area hutan ke pintu masuk pengunjung. Alamatnya di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Curug Bidadari

Air terjun ini memiliki keistimewaan yaitu pintu masuknya berbentuk gua, sehingga ketika datang ke objek wisata ini akan merasa seperti sedang memasuki air terjun yang tersembunyi di dalam gua.

Dengan demikian gua akan menghalangi pandangan air terjun Bidadari ini, sehingga kita akan melihatnya sebagai air terjun di balik gua.

Lokasi air terjun atau Curug Bidadari ini berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapainya harus dengan melewati jalan yang cukup terjal. Namun, perjalanan tersebut tidak berlangsung lama dan rasa lelah perjalanan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

3. Curug Bayan atau Gede

Air terjun yang berada di Ketenger ini biasa disebut Curug Gede. Salah satu yang istimewa dari air terjun ini adalah terdapat sebuah penginapan yang langsung berhadapan dengan air terjun, jadi ketika melihat keluar jendela, pemandangan indah Curug Gede menghadirkan suasana damai. Karena lokasinya yang tidak terlalu masuk di dalam hutan, wisatawan dapat dengan mudah mengakses objek wisata ini.

Selain itu, air terjunnya tidak terlalu tinggi dan kolamnya dangkal. Keistimewaan air terjun ini adalah pada tingkat air terjun, sehingga air terjun ini sangat indah jika mengalir di sepanjang bebatuan yang membentuk undakan.

Lokasi tepatnya berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Curug Telu

air terjun di baturaden
Curug Telu. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Letaknya di Desa, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupatem Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), air terjun ini disebut Curug Telu karena terdapat tiga air terjun yang mengalir di sini. Selain itu, aliran air terjun di Curug Telu ini bisa dibilang cukup deras, sehingga ketika air jatuh ke bawah akan menimbulkan sedikit kabut yang membuat panorama menjadi kian eksotis.

Jalur menuju tempat air terjun ini mungkin tidak sulit, namun masih berupa tanah bebatuan. Sepanjang jalan, pengunjung akan disajikan pemandangan sawah yang asri. Selain itu, di objek wisata ini, pengunjung juga bisa berenang.

5. Curug Jenggala

Bisa dikatakan Curug Jenggala dikenal banyak orang karena keindahan air terjunnya. Adapun yang paling diminati wisatawan adalah spot foto berbentuk hati atau love.

Spot foto berbentuk hati ini dibangun menghadap air terjun Jenggala. Wisatawan bisa selfie atau berfoto bersama dengan latar belakang Curug Jenggala.

Lokasi Curug Jenggala ini berada di kawasan Kebun Raya Baturaden. Di sini, pengunjung bisa berenang dan bermain air, menikmati arus yang tidak terlalu berbahaya, dan tentunya akan mendapatkan foto bawah air yang menarik.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya