SOLOPOS.COM - Desa Wisata Pekunden Banyumas. (Instagram @deswita_pekundenn)

Solopos.com, SOLO-Desa Wisata Pekunden, Banyumas, Jawa Tengah, menyabet Juara II Kategori Desa Wisata Rintisan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023. Penganugerahan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu dilakukan di TMII Jakarta.

Sebelumnya melalui laman Instagram, pengelola Desa Wisata Pekunden minta doa restu. “Mohon Doa Restu Teman-teman Banyumas. Malam Penganugrahan Desa Wisata Indonesia, semoga Desa Wisata Pekunden bisa membawa juara di tingkat Nasional,” demikian bunyi unggahan yang diunggah lima hari lalu tersebut dikutip dari Instagram @deswita_pekunden pada Kamis (31/8/2023).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Sebelumnya pada 2022 lalu, Desa Wisata Kreatif Pekunden di Kabupaten Banyumas menjadi Juara 1 dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2022.  Sedangkan Juara II ialah Desa Wisata Muncar (Kabupaten Semarang) dan  Juara III Desa Wisata Sambongrejo (Kabupaten Blora). Sementara itu untuk juara harapan 1,2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Kab. Klaten), Desa Wisata Dawuhan (Kabupaten Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Kabupaten Purworejo).

Adapun juara untuk kategori Paket Wisata diberikan kepada Desa Wisata Kandri (Kota Semarang), kategori Seni Budaya kepada Desa Wisata Giyanti (Kab. Wonosobo), kategori Sapta Pesona dan CHSE kepada Desa Wisata Conto (Kab. Wonogiri), dan kategori Homestay dan Toilet Bersih kepada Desa Wisata Karangrejo (Kab. Magelang).

Desa Wisata Kreatif Pekunden yang diresmikan pada akhir Desember 2021 lalu ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Dikutip dari Instagram @deswita_pekunden, Desa ini memiliki Kampung Nopia Mino untuk menyaksikan langsung proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan tersebut yang masih dilakukan secara tradisional dengan tungku yang terbuat dari tanah liat.

Selain itu, lokasi Desa Pekunden yang tidak jauh dari kawasan Kota Lama Banyumas akan membawa wisatawan bernostalgia ke masa lampau dengan bangunan-bangunan kuno bernilai sejarah.

Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan beragam wisata edukasi, seperti melihat proses pembuatan Gamelan di Oemah Gamelan, budidaya dan petik buah naga, proses pembuatan batik tulis, dan lainnya.

Keberhasilan Desa Wisata Pekunden Banyumas mendapatkan Juara II Kategori Desa Wisata RIntisan ADWI 2023 itu disambut positif warganet. “Selamat Juara 2 Desa Wisata Rintisan ADWI 2023,” tulis @rizki*** di kolom komentar dikutip dari Instagram @deswita_pekundenn pada Kamis (31/8/2023).

“congrats!” tulis @instakem***.

Selain Desa Pekunden Banyumas, berikut ini daftar pemenang Kategori Desa Wisata Rintisan ADWI 2023:

Desa Wisata Rintisan
Juara 1 – Desa Wisata Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Juara 2 – Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Juara 3 – Desa Wisata Serangan, Kota Denpasar, Bali.

Juara Harapan
Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
Desa Wisata Jeruju Besar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
Desa Wisata Religi Astana, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
Desa Wisata Setanggor, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Desa Wisata Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya