SOLOPOS.COM - Air Terjun Tiga Tingkat di Pati. (patikab.go.id)

Solopos.com, SOLO-Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyimpan sejumlah keindahan alam termasuk keindahan air terjun yang jadi destinasi wisata layak dikunjungi. Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi kabupaten ini, simak ulasannya di tips traveling kali ini.

Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Pati Kota. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Sebagian besar wilayah Kabupaten Pati adalah dataran rendah. Bagian selatan (perbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora) terdapat rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Bagian barat laut (perbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara) berupa perbukitan. Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang. Sungai terbesar adalah Sungai Juwana, yang bermuara di daerah Juwana.

Berikut ini sejumlah air terjun di Kabupaten Pati yang jadi destinasi wisata dikutip dari patikab.go.id pada Rabu (9/8/2023):

1. Air Terjun Banyulawe

Air Terjun Banyulawe berlokasi di Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati. Selain menawarkan keindahan air yang mengalir, alam di sekitarnya juga mempunyai daya tarik tersendiri.  Potensi wisata air terjun tersebut merupakan hal baru di Bageng. Bahkan, destinasi itu, sampai saat ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Hanya, saja akses jalan menuju lokasi masih perlu pembenahan.

Pengurus dari lokasi air terjun Banyulawe juga akan menata tempat parkir agar pengunjung tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki menuju lokasi. Dengan jarak 250 meter dari parkiran, pengunjung akan mendengar gemericik air terjun yang menggoda telinga.

Pada hari libur, destinasi wisata tersebut dipastikan mengalami meningkatan pengunjung. Bahkan, terkadang mulai dari pagi, para pengunjung berjubel memadati obyek wisata tersebut. Di samping ada sebagian mereka yang mandi di lokasi air terjun, ada juga yang hanya melihat pesona keindahannya.

2. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air terjun di Kabupaten Pati berikutnya adalah Grenjengan Sewu yang berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal. Jarak tempuh sekitar 38 km dari pusat kota.

Air Terjun Grenjengan Sewu mempunyai ketinggian terjunan air 25 meter di tengah kehijauan alam yang asri. Tanaman jeruk merupakan penghasilan utama bagi penduduk di sekitar obyek yang juga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

3. Air Terjun Kedung Winging

Destinasi wisata ini berlokasi di Ds. Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati 30 km dari pusat kota. Untuk saat ini pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua, karena akses menuju lokasi masih belum bisa di lewati menggunakan roda empat atau sejenisnya.

Apabila ingin mengunjungi lokasi ini, pengunjung disarankan  membawa bekal sendiri dan jangan datang pada saat musim hujan. Karena akses jalan menuju lokasi sangat licin.

4. Air Terjun Sepletuk

Air terjun berikutnya di Kabupaten Pati yaitu Sepletuk berlokasi di Jalan Pati – Jepara Desa Sentul, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati. Jarak tempuh 39 km dari pusat kota.  Air Terjun Sepletuk berada di kawasan hutan yang masih perawan dan masih banyak ditemukan kera serta burung-burung langka yang ada di Kabupaten Pati dengan keindahan alam yang berbentuk terasering.

Untuk perjalanan ke lokasi air terjun Sepletuk demi keamanan diharapkan menggunakan pemandu wisata masyarakat setempat desa Sentul dan menuju lokasi perlu kendaraan trail yang dimiliki masyarakat.

5. Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan berlokasi di Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo yang berjarak 28 km dari pusat kota.  Air Terjun Tadah hujan ini salah satu tempat wisata di Pati yang berlokasi di Kecamatan Sukililo di mana memiliki ketinggian 30 m.

Objek wisata ini dikelilingi tebing di sebelah kanan dan kirinya sehingga menciptakan nuansa tenang, fresh dan romantic. Sehingga tak heran jika di lokasi ini banyak ditemui pasangan muda, karena mereka senang memilih air terjun ini sebagai tempat favoritnya. Selain itu di lokasi Air Terjun Tadah Hujan ini juga terdapat kolam renang yang jernih sehingga akan sangat disayangkan untuk dilewatkan.

6. Air Terjun Tingkat 3

Air Terjun Tingkat 3 merupakan salah satu destinasi wisata di Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.  Air Terjun Tiga Tingkat berada di tengah Desa Kedungwinong; salah satu desa yang masuk dalam Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Sukolilo. Di desa ini terdapat puluhan gou dan air terjun dengan sungai yang eksotik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya