SOLOPOS.COM - Masyarakat Adat Bonokeling saat menggelar deklarasi dukungan untuk Sudaryono maju sebagai calon gubernur Jateng 2024 di Banyumas, Kamis (27/6/2024). (Brand Content)

Solopos.com, BANYUMAS – Masyarakat adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, menyatakan mendukung Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, maju sebagai calon gubernur Jateng 2024. Mereka menyimpan keyakinan apabila terpilih sebagai Gubernur Jateng, Sudaryono memiliki komitmen penuh melestarikan dan menjaga adat istiadat masyarakat Bonokeling.

“Masyarakat adat Bonokeling siap mendukung Mas Dar [sapaan Sudaryono] sebagai Gubernur Jateng pada Pilgub 2024. Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat adat Bonokeling kepada Mas Dar,” kata Ketua Umum Tani Merdeka, Don Muzakir, yang hadir dalam agenda deklarasi masyarakat adat Bonokeling, Banyumas, Jateng, Kamis (27/6/2024).

Promosi Penawaran Dimulai, Ini Keunggulan dan Cara Beli SBN 2024 Lewat BRImo

Deklarasi masyarakat adat Bonokeling mendukung Sudaryono itu digelar di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang. Didampingi tujuh bedogol, tetua Adat Bonokeling, Mbah Mitro, 66, menegaskan siap memperjuangkan Sudaryono sampai terpilih sebagai Gubernur Jateng.

Don Muzakir mengucapkan terima kasih atas dukungan warga Bonokeling kepada Sudaryono. “Saya mewakili Mas Dar mengucapkan terima kasih kepada tokoh dan masyarakat Bonokeling yang telah mendukung perjuangan kami mewujudkan Jateng maju dan mapan. Mas Dar berkomitmen akan melestarikan dan menjaga setiap adar istiadat di Jateng,” tegas Don Muzakir.

Sekadar informasi, masyarakat adat Bonokeling merupakan anak keturunan dari Kiai Bonokeling yang konon merupakan seorang Patih Kerajaan Pasirluhur. Kerajaan Pasirluhur saat itu masih berada di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran.

Namun, Kiai Bonokeling memilih menepi dari ingar bingar Kerajaan Pasirluhur dan membuka lahan tani di Desa Pekuncen, Banyumas.

Di sana, selain menyebarkan ajaran Islam dengan mengakomodasi tata nilai budaya lokal, Kiai Bonokeling juga mengajarkan cara bercocok tanam dan beternak kepada warga setempat.

Unik

Kiai Bonokeling dipercaya memiliki ilmu kebatinan tinggi, yang dapat digunakan sebagai jalan keturunannya menggapai keselamatan dunia dan akhirat. Ajaran Kiai Bonokeling ini terus dilestarikan oleh anak cucu sampai sekarang.

Don Muzakir mengakui masyarakat adat Bonokeling memiliki karakteristik yang unik. “Masyarakat bonokeling itu masyarakat adat Jawa kuno yang sudah menjalankan adat dan tradisinya hampir 700 tahun yang lalu hingga sekarang. Jadi mereka memegang tradisi adat Jawa kuno yang sampai sekarang tetap lestari, tapi tidak mengabaikan nilai-nilai agama Islam,” terang Don Muzakir.

Aris Munandar selaku Ketua Pekatik’e Mas Dar menambahkan Desa Pekuncen punya peran strategis dalam perkembangan masyarakat adat Bonokeling di Banyumas. Menurutnya, Desa Pekuncen merupakan simpul utama yang menghubungkan keluarga besar Bonokeling yang tersebar di wilayah-wilayah sekitaran Banyumas.

“Mereka hidup dengan guyub rukun tanpa campur tangan pemerintah. Tradisi yang mereka pegang benar-benar mencerminkan trandisi kuno yang sampai saat ini mewakili berbagai segmen masyarakat yang ada,” tegas Aris Munandar.

Yang menarik, kata Air Munandar, tradisi kuno masyarakat adat Bonokeling ini mengakui kesetaraan gender. Mereka berpandangan kaum perempuan dan laki-laki memiliki peran sejajar di bumi dalam merawat ekosistem dan menjaga ekologi alam.

“Di Bonokeling dilarang yang namanya menebang pohon tanpa sepengetahuan tetua adat, bisa kualat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya