SOLOPOS.COM - Dieng Plateau Theater Wonosobo. (Istimewa/Instagram @dedek_diansyah).

Solopos.com, WONOSOBO — Sebenarnya ada banyak tempat menarik yang recommended untuk dikunjungi saat berada di Dieng Wonosobo. Sebelum itu, alangkah baiknya jika memulai eksplorasi wisata di dataran tinggi ini dengan melihat bagaimana seluk-beluknya.

Dieng Plateau Theatre akan menjawab semua keingintahuan tentang Dieng yang disajikan dalam bentuk audio visual. Sehingga memudahkan siapa saja memahami kondisi Dieng sebelum melakukan eksplorasi lebih jauh.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Melansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, Dieng Plateau Theater (DPT) dibangun pada 2006. Hal itu setelah diusulkan Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Mardiyanto.

DPT dirancang memberikan pengetahuan seputar Dieng. Pengunjung nantinya akan menyaksikan sebuah film tentang Dataran Tinggi Dieng, mulai dari sejarah, kondisi geografis, kehidupan sosial, budaya, dan lain-lain.

DPT terletak di lereng bukit Sikendil, Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. DPT telah diresmikan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 April 2006 lalu.

Kini, DPT menjadi tempat yang banyak diminati wisatawan sebagai cara untuk memahami Dieng sebelum mereka menjelajahi semua objek yang ada.

Selain menjadi tempat menyaksikan film seputar Dieng, DPT juga menjadi gardu pandang untuk melihat Dataran Dieng dari ketinggian.

Pengunjung akan disuguhkan perbukitan hijau dengan tanaman sayuran yang mendominasi hamparan tanahnya. Hal itulah yang semakin menambah menyejukkan mata bagi siapapun yang melihatnya.

Melansir dari diengplateau.com, jika dilihat dari luar, bangunan kokoh ini tampak menjulang dan dikelilingi tanaman pepohonan di sekitarnya. Disebelahnya juga terdapat bebatuan yang tampak alami bertengger di sisi bukit.

Pada bagian dalamnya terdiri dari 99 tempat duduk yang nyaman. Di luar gedung menjadi tempat istirahat yang strategis untuk menikmati pemandangan alam Dieng yang menakjubkan. Sedangkan fasilitas yang ada di DPT ini seperti toilet, musala, tempat parkir, dan warung jajanan khas.

Harga tiket masuknya pun terjangkau, yaitu sebesar Rp10.000. DPT beroperasi dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jika ingin datang ke tempat ini, disarankan pagi atau sore. Pengunjung dapat membuat janji dengan penjaga yang bertugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya