SOLOPOS.COM - Kawasan Kota Lama Semarang saat diterjang banjir saat libur Tahun Baru 2023. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Banjir yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), saat pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022), rupanya tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Kota Lama. Terbukti, berdasarkan data dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Kota Lama masih menempati urutan pertama dalam daftar destinasi wisata paling populer di Jateng selama masa libur Tahun Baru 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Disporapar Jateng, Setyo Irawan, mengatakan banjir yang melanda Kota Semarang memang sangat berdampak pada kunjungan wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang terdampak adalah Pantai Marina yang mengalami penurunan kunjungan wisatawan dengan sangat drastis saat Tahun Baru 2023 dibanding pada libur Natal 2022, atau sepekan sebelumnya.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Alhasil, jika Pantai Marina yang sebelumnya menempati urutan kelima dalam daftar objek wisata paling ramai dikunjungi wisatawan pun posisinya tergeser. Posisi tersebut kini ditempati objek wisata di wilayah dataran tinggi seperti Dieng, Kabupaten Wonosobo.

“Iya, ada pergeseran wisatawan saat Tahun Baru. Itu karena cuaca dan banjir. Seperti Kota Lama, Pantai Marina, jadi sepi karena wisatawannya banyak bergeser ke daerah atas,” kata Setyo kepada Solopos.com, Selasa (3/1/2023).

Kendati mengalami penurunan drastis saat libur Tahun Baru, catatan Disporapar Jateng, Kota Lama Semarang masih menempati urutan pertama dalam daftar destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jateng. Hal itu dikarenakan Kota Lama merupakan kawasan wisata gratis yang tidak diterapkan biaya sehingga wisatawan bisa bebas berlalu lalang di lokasi tersebut tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Catatan Disporapar Jateng, Kota Lama yang berdekatan dengan Stasiun Tawang dan jalur utama dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju Kota Semarang telah dikunjungi wisatawan sebelum banjir melanda atau Jumat (30/12/2022). Oleh karenanya, Disporapar Jateng pun tetap menempatkan kawasan Kota Lama sebagai destinasi wisata paling populer di wilayahnya.

“Memang pas Tahun Baru sempat dikepung banjir dan drop drastis itu [kunjungan] wisatawannya. Tapi sebelum tanggal 30 Desember 2022 kan, Kota Lama sudah banyak dikunjungi wisatawan. Jadi masih tertolong dan menempati urutan satu,” terangnya.

Sekadar informasi, selama libur Natal 2022, Pantai Marina menempati urutan kelima objek wisata favorid dengan kunjungan wisatawan nusantara mencapai 28.090 orang daan mancanegara 0 orang. Sedangkan pada libur Tahun Baru 2033, urutan kelima tergeser dengan kawasan Dieng, Wonosobo, dengan kunjungan wisatawan nusantara 58.546 orang dan macanegara 15 orang.

Sedangkan untuk Kota Lama Semarang, selama libur Natal 2022 dikunjungi wisatawan domestik mencapai 97.986 orang dan tanpa ada wisatawan mancanegara (wisman). Sedangkan secara keseluruhan hingga libur Tahun Baru 2023 ada sekitar 132.590 wisatawan domestik yang menyambangi Kota Lama Semarang, meski tidak ada satupun wisman yang berminat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya