SOLOPOS.COM - Pendaratan pesawat di Bandar Udara Ngloram di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antaranews.com)

Solopos.com, BLORABandara Ngloram di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), akan kembali melayani penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma. Nantinya, Citilink akan dipercaya sebagai maskapai yang melayani penerbangan dari Halim ke Ngloram itu.

Kembalinya pengoperasian itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan layanan jasa penerbangan. Penandatanganan dilakukan Dirut PT Cilink, Dewa Kadek Rai, dan Bupati Blora Arief Rohman, Rabu (18/1/2023).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Dirut PT Citilink, Dewa Kadek Rai, mengatakan untuk mewujudkan adanya penerbangan kembali rute penerbangan Blora-Halim Perdanakusuma diperlukan perjalanan sangat panjang. Rencana, rute penerbangan Halim ke Blora itu akan dibuka kembali pada 27 Januari 2023 dan beroperasi dua kali dalam sepekan.

“Kami sudah bisa menyiapkan pesawat kembali untuk kami bisa beroperasi dua kali dalam sepekan,” ujar Dewa dikutip dari Murianews.com.

Ia berharap beroperasinya Citilink ke Bandara Ngloram dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga di Kabupaten Blora dan sekitarnya. Dewa menilai pasar dari Cepu Blora dan kabupaten sekitarnya cukup besar.

Lebih lagi, di Cepu terdapat institusi pendidikan migas dan lembaga-lembaga dari migas. Dijelaskan, dari tujuh armada yang disiapkan, baru lima yang beroperasi. Jumlah itu akan meningkat jika frekuensi penerbangan dari Halim ke Blora terus meningkat.

Bupati Arief Rohman menyatakan pihaknya optimistis pasar rute Halim-Ngloram Blora sangat menjanjikan. Menurutnya, perlu sosialisasi ke masyarakat agar rute itu makin diminati.

“Semoga harga [tiketnya] tidak mahal-mahal karena ini kawasan yang ke depan diproyeksikan menjadi pertumbuhan ekonomi baru di Jawa tengah bagian timur, yang merupakan perbatasan dengan Jawa timur,’’ ucapnya.

Sekadar informasi, Maskapai Citilink sudah menjadwalkan dan melakukan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram dan sebaliknya, sepekan dua kali. Namun, karena Bandara Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu mengalami revitalisasi, maka penerbangan ke Bandara Ngloram diberhentikan. Kini, setelah Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi, rute penerbangan yant sempat diberhentikan kembali diaktifkan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya