SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, saat diwawancara wartawan seusai acara Rapat Kordinasi Lintas Sektor Ops Mantap Brata Candi 2023, Selasa (10/10/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sosok Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar hingga kini masih ramai diperbincangkan. Sebab, perwira menengah (pamen) itu menjadi saksi kunci terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan Komisi Pemberanrasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri ke eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kombes Pol. Irwan tak tampak pada Rapat Kordinasi Lintas Sektor Ops. Mantap Brata Candi 2023, Selasa (10/10/2023) pagi. Saat itu, keberadaan Kombes Pol. Irwan diwakili oleh Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan Kapolrestabes Semarang kembali ke Jakarta untuk memenuhi panggilan penyidik dari Polda Metro Jaya di hari ini. Kendati demikian, ia mengaku tak tahu-menahu pemanggilan tersebut terkait perihal apa.

“Kalau pemeriksaan saksi belum ya. Masih secara internal dipanggil ke sana [Polda Metro Jaya]. Dan kasus kurang tahu ya,” kata Irjen Pol. Luthfi seusai acara Rapat Kordinasi Lintas Sektor Ops Mantap Brata Candi 2023 di Patra Hotel Semarang, Selasa (10/10/2023).

Saat disinggung pemanggilan tersebut apakah berkaitan dengan pemerasan eks Kementan oleh ketua KPK, Kapolda tak membenarkan maupun menampik. Ia sekali lagi menegaskan jika Kombes Pol. Irwan saat ini tengah memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya.

“Yang jelas dipanggil ke Jakarta di Polda Metro. Jadi, hanya panggilan resmi yang diluncurkan. Pemanggilan baru satu kali. Tentang materi resmi dan sebagainya, penyidik dari Polda Metro Jaya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo yang sedang berurusan dengan KPK mendatangi Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/10/2023), siang. Kedatangan politikus Partai Nasdem itu ternyata terkait dengan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap sopir dan ajudan menteri pertanian.

“Memang benar yang bersangkutan [Kapolrestabes Semarang] menghadap ke Polda Metro sebagai saksi. Tapi terkait hal apanya, kami tidak tahu permasalahan,” kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya