SOLOPOS.COM - Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang "Pacul" Wuryanto, saat dijumpai wartawan di Panti Marhaen, Kota Semarang, Kamis (24/8/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Nama Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, belakangan masuk dalam radar bursa Pilgub Jateng 2024. Bambang Pacul disebut-sebut bakal maju atau mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub) Jateng.

Menanggapi kabar tersebut, Bambang Pacul pun tidak mau berkomentar panjang lebar. Meski demikian, ia pun siap maju sebagai cagub Jateng selama hal itu atas perintah Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Kalau saya diizinkan [Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri]. Tapi, itulah Ketum [bergantung keputusannya],” ujar Bambang Pacul seusai menggelar apel siaga kemenangan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo, di Pantai Marhaen atau Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Kamis (24/8/2023).

Bambang Pacul mengaku sebenarnya lebih tertarik memperjuanagkan suara PDIP. Oleh karenanya, ia pun tidak terlalu memikirkan perihal namanya yang masuk dalam bursa Pilgub Jateng 2024.

“Saya ingin menjadi kesatria Jawa. Saya mengambil jalan satria dan tetap ingin wafat sebagai satria. Maka kalau ada [pengamat] menyebut [Pacul cocok maju Pilgub Jateng] ya silakan. Tak ada yang melarang,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI itu juga tidak memberikan jawaban pasti saat ditanya apakah dirinya siap maju sebagai cagub dalam Pilgub Jateng 2024 jika nantinya mendapat rekomendasi dari Ketum PDIP. Pria berusia 67 tahun itu hanya mengaku dirinya siap menjalankan instruksi dari Ketum Megawati secara maksimal.

“Siap tidak ya tergantung Ketum saja. Kalau Ketum nanti bilang menangin Jateng siap tidak? Siap. Tempur di wilayah Jateng siap? Siap. Siap enggak belakangan, tapi laksanakan dulu,” akunya.

Dalam focus group discussion (FGD) yang digelar Forum Peduli Jateng di Semarang, Senin (21/8/2023) lalu, nama Bambang Pacul turut disebut-sebut sejumlah pengamat sebagai sosok yang layak masuk dalam kontestasi Pilgub Jateng. Selain Pacul, beberapa tokoh lainnya yang masuk dalam bursa Pilgub Jateng itu antara lain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka; Kepala LKPP yang juga eks Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi; Bupati Kendal, Dico Ganinduto; Bupati Batang, Wihaji; Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, hingga Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya