SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Kota Salatiga saat melakukan Ramp Check Kendaraan umum persiapan Nataru, Selasa (20/12/2022). (Istimewa/Dishub Kota Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA–Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga mengecek kondisi fisik kendaraan umum di Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga, Selasa (20/12/2022).

Hal itu dilakukan untuk memastikan kendaraan umum itu benar-benar laik jalan. Sebanyak 23 unit kendaraan dilakukan pemeriksaan.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Kepala Dishub Kota Sri Satuti mengaku hasil dari pemeriksaan itu kendaraan diketahui laik jalan.

“Kemarin kita lakukan Ramp Check kendaraan dan hasilnya kondisi fisik kendaraan normal semua. Cuma trayek aja yang beberapa tidak bisa menunjukkan surat-surat. Tapi sudah ada penindakan pihak terminal. Selain itu juga terkait penyimpangan jalur trayeknya,” jelas Satuti kepada Solopos.com, Rabu (21/12/2022).

Dipaparkan dari 23 unit kendaraan yang diperiksa, ada 16 bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) tercatat ada pelanggaran 1 unit bus dengan KIR mati. Selain itu ada 3 unit bus dengan Kartu Pengawasan (KP) mati.

Baca Juga: Gelar Rump Check Jelang Nataru, Dishub Jateng Temukan Bus Bermasalah

“Sementara untuk 7 Bus AKAP yang dilakukan pengecekan, ada pelanggaran 3 unit dengan KP mati dan 3 unit penyimpangan trayek,” terang Satuti.

Selain itu, Dishub juga memeriksa kesehatan terhadap pengemudi bus dan petugas Dishub di lapangan.

Menggandeng Dinas Kesehatan Kota Salatiga diketahui hasil pemeriksaan sopir dan kru bus hasilnya sehat semua. Sedangkan petugas Dshub di lapangan mengalami tensi darah tinggi.

“Kita lakukan tes kesehatannya bahwa benar-benar sopir itu bisa mengendarai dan sehat,” papar dia.

Satuti mengakui untuk persiapan Nataru ini pihaknya akan menerjunkan 54 personel. Membantu di lima posko dan empat gereja yang ada di Salatiga. Tidak hanya itu pihaknya juga akan menggelar apel juru parkir (jukir) yang ada di Salatiga. Tujuannya agar tidak ada parkir liar dan tidak ada kenaikan jasa parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya