SOLOPOS.COM - Gus Hanif selaku pengasuh Ponpes Edi Mancoro Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Ada yang berbeda di Pondok Pesantren Edi Mancoro, Tuntang, Kabupaten Semarang saat Ramadan ini. Jika umumnya ponpes akan memperbanyak jadwal mengaji kitab atau Al-Qur’an, Ponpes yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang ini juga menggelar diskusi lintas agama.

Pengasuh Ponpes Edi Mancoro, K.H., Muhammad Hanif, mengatatakan diskusi lintas agama dilakukan sebagai penutup kegiatan asramanisasi Ramadan. Salah satunya adalah membahas perspektif agama-agama tentang berpuasa.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Diskusi ini menghadirkan langsung pemuka-pemuka agama lain seperti perwakilan dari agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan agama yang lainnya,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Hanif itu kepada Solopos.com, Minggu (16/4/2023).

Diskusi lintas agama itu dilaksanakan pada tanggal 21 Ramadan menjelang buka puasa. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa saling mengenal dan toleransi santri terhadap pemeluk agama lain.

Selain diskusi lintas agama, di bulan biasa ponpes Edi Mancoro juga menyelenggarakan kegiatan live in di daerah yang mayoritas penduduknya pemeluk agama nonmuslim.

“Hal ini menjadi penting untuk menumbuhkan rasa saling memahami satu sama lain. Biasanya untuk live in kami laksanakan di luar lingkungan ponpes, seperti di Dusun Thekelan Getasan dan Watuagung,” terangnya.

Tidak hanya diskusi dan live in dengan pemeluk agama lain, dalam kegiatan asramanisasi Ramadan tersebut terdapat beberapa kegiatan yang tidak jauh berbeda dengan kegiatan-kegiatan pondok pesantren lainnya.

Hal itu seperti mengaji kitab-kitab kuning mulai dari sehabis Salat Subuh, Zuhur, Ashar, dan sehabis Salat Tarawih. Bagi santri yang sudah hafal dan khatam 30 juz Al-Qur’an mengikuti Tarawih dengan setiap malamnya satu setengah juz.

“Agar sekaligus mereka nderes dan melancarkan bacaannya,” tandas Gus Hanif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya