SOLOPOS.COM - Para peserta Turnamen Mini Soccer Bung Karno Cup I berfoto bersama di Lapangan Mini Soccer, Kelurahan Pedurungan Kidul, Semarang, Sabtu (17/6/2023). (Solopos.com-Antara/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), meminta masyarakat menggelar kompetisi atau perlombaan secara rutin di sport center atau fasilitas olahraga yang ada di kelurahan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengelolaan fasilitas umum yang telah diberikan Pemkot Semarang, dalam hal ini fasilitas olahraga.

“Pemerintah Kota [Pemkot] Semarang kan sudah melaksanakan pembangunan. Setelah jadi, kami berharap ini bisa dikelola. Kami dorong kegiatan semacam ini,” ujar Kepala Dispora Kota Semarang, Fravarta Sadman, di sela pembukaan Turnamen Mini Soccer Bung Karno Cup I di Lapangan Mini Soccer Kelurahan Pedurungan Kidul, Sabtu (18/6/2023).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Menurut Fravarta Turnamen Mini Soccer Bung Karno Cup I di Pedurungan Kidul menjadi salah satu upaya mengisi lapangan yang sudah jadi dengan kondisi bagus dan fasilitas cukup lengkap. “Jangan sampai wis dibangunke ngoyo-ngoyo [sudah dibangun susah payah] terus dianggurke [dibiarkan] enggak ada kegiatan. Tolong ini dirawat sebaik-baiknya, diisi dengan berbagai kegiatan positif,” imbuhnya.

Pemkot Semarang, kata dia, membangun fasilitas olahraga di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk mewadahi kegiatan olahraga masyarakat, salah satunya Lapangan Mini Soccer di Kelurahan Pedurungan Kidul.

“Ada [fasilitas orahraga] yang dikelola Dispora, ada yang langsung dikelola lingkungan semacam ini. Ini dipercayakan kepada karang taruna kelurahan untuk bisa mengelola. Seperti di Lapangan Merbau, Banyumanik, juga sama,” katanya.

Selain menjadi sarana untuk mengembangkan bakat keolahragaan, Fravarta juga berharap melalui turnamen futsal tersebut bisa menyaring dan memunculkan pemain futsal berbakat untuk Kota Semarang.

Sementara itu, Dyah Ratna Harimurti selaku penyelenggara Turnamen Mini Soccer Bung Karno Cup 1 menyebutkan turnamen itu diikuti 168 peserta dari karang taruna 12 kelurahan di Kecamatan Pedurungan, Semarang.

“Turnamen ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno Juni ini, sebagai momentum yang tepat untuk merefleksikan semangat, cita-cita, dan perjuangan Soekarno,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya