SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, (Instagram @polrestasurakarta)

Solopos.com, SEMARANG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan lima jalur alternatif untuk memecah kepadatan lalu lintas yang berpotensi kemacetan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Jalur itu disiapkan karena berdasarkan prediksi Ditlantas Polda Jateng akan ada sekitar 21,5 juta unit kendaraan yang masuk ke Jateng pada momen tersebut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, mengatakan ada lima jalur untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas yang nantinya akan tergantung pada intruksi pemerintah pusat.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Arus lalu lintas harus kita pecah menjadi lima jalur. Jadi lima jalur yang akan dilewati khusus mudik ini, pertama ada tol, alteri, jalur tengah di panura, dan jalur selatan. Semua kami kelola, termasuk rekayasa skenario lalu lintas,” jelas Agus seusai rakor lintas sektoral di Hotel Setos Semarang, Senin (19/12/2022).

Agus memperkirakan pada momen libur Nataru, Jateng masih akan menjadi tujuan favorit para pemudik maupun wisatawan. Arus kendaraan yang masuk ke Jateng pun berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Sedangkan untuk puncak arus mudik, Agus memperkirakan akan terjadi pada 23-24 Desember mendatang. Sedangkan untuk arus balik diperkirakan terjadi pada 30-31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023 mendatang.

Baca juga: Ditlantas Polda Jateng Bakal Gunakan Drone untuk ETLE atau Tilang Elektronik

“Kami sudah siapkan sejumlah skenario seperti contraflow lokal, hingga pengalihan arus dari tol ke jalan alteri,” sambungnya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Erry Derima Ryanto, mengatakan kendaraan yang masuk Jateng diperkirakan didominasi motor dan mobil pribadi. Pihaknya pun telah menyiapkan enam posko untuk membantu menangani kepadatan arus tersebut.

“Enam titik itu berada di wilayah Semarang, Pati, Surakarta, Magelang, Purwokerto dan Pekalongan,” tutup Erry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya