SOLOPOS.COM - Stasiun Purworejo. (Istimewa/Instagram @kutoarjoku)

Solopos.com, PURWOREJO — Setelah ditutup sejak 2010, Stasiun Purworejo bakal dioperasikan kembali. Kepastian itu menyusul adanya peninjauan dan monitoring stasiun oleh Menteri Perhubungan RI, Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, Minggu (14/5/2023).

Informasi itu diunggah di Instagram @purworejokab_. Dalam unggahannya dijelaskan Menhub RI meninjau Stasiun Purworejo didampingi Bupati Purworejo, RH Agus Bastian SE MM. Turut hadir pula sejumlah pejabat terkait di Purworejo.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Pak Menteri meminta agar Stasiun Purworejo diaktifkan kembali, yang tentunya kita sambut dengan baik, karena Purworejo akan semakin banyak alternatif transportasi,” kata Bupati seperti ditulis dalam @purworejokab_.

Lantaran sudah beroperasi sejak lama, proses pengaktifan kembali stasiun ini memerlukan tenaga dan biaya. Hal itu termasuk membutuhkan waktu yang cukup lama pula.

Nantinya, Stasiun Purworejo akan melayani kereta feeder yang menghubungkan Purworejo-Stasiun Kutoarjo. Jenis keretanya mungkin akan seperti di Ambarawa, kereta kuno atau kereta wisata, Ya semoga nanti terlaksana pengaktifan stasiun ini,” kata Bupati dalam @purworejokab_.

Dilansir dari wikipedia, Stasiun Purworejo merupakan stasiun kereta api nonaktif kelas II yang terletak di Purworejo, tepatnya 11 km arah timur laut dari Stasiun Kutoarjo. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun terminus di Jawa Tengah, selain Cilacap dan Wonogiri.

Hanya satu kereta api yang datang dan berangkat dari stasiun ini, yakni kereta api feeder Purworejo yang melayani tujuan ke Kutoarjo dan ditarik lokomotif simbah BB300.

Sejak November 2010, kereta api feeder ini sudah tidak dioperasikan lagi. Sejak itu pula, Stasiun Purworejo tak beroperasi.

Dalam kunjungannya ke Purworejo, Menhub RI juga meninjau Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo. Menhub juga memastikan kesiapan kegiatan ground breaking Terminal Tipe A Purworejo akan dilaksanakan tanggal 27 Mei 2023 mendatang.

Sejalan dengan itu, pembangunan Terminal Type A juga akan dipercepat sehingga di tahun 2024 sudah bisa beroperasi untuk dinikmati warga masyarakat Kabupaten Purworejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya