SOLOPOS.COM - Sekda Cilacap, Awaluddin Murri. (cilacapkab.go.id)

Solopos.com, CILACAP — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), bakal mengalami pergantian tampuk pimpinan dalam beberapa hari ke depan. Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, akan mengakhiri masa jabatan pada Sabtu (19/11/2022) dan digantikan sosok Penjabat (Pj) Bupati Cilacap.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat ini memang belum mengumumkan sosok yang akan menggantikan peran Bupati Cilacap, Tatto S. Pamuji, atau Pj Bupati Cilacap. Meski demikian, kalangan legislatif atau DPRD Kabupaten Cilacap telah mengusulkan sosok Sekda Cilacap, Awaluddin Murri, sebagai Pj Bupati Cilacap menggantikan Tatto S. Pamuji.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Menanggapi hal itu, Awaluddin pun mengaku tidak terlalu berambisi menjabat sebagai Pj Bupati Cilacap. Baginya, siapa pun nantinya sosok yang dipilih Gubernur Ganjar sebagai Pj Bupati akan membawa Cilacap lebih baik.

“Yang terbaik saja untuk Cilacap. Kalau kemarin saya ke Jakarta lagi, itu mendamping Pak Wakil Bupati. Acara tugas itu,” jelas Awaluddin Murri, dikutip dari Murianews.com, Senin (14/11/2022).

Meski demikian, Awaluddin memastikan jika pelantikan Pj Bupati Cilacap akan digelar Sabtu malam nanti. Hal itu diketahuinya setelah melakukan komunikasi dengan Biro Pemerintahan Pemprov Jateng. Meski demikian, pihaknya belum tahu siapakan sosok yang akan dilantik Ganjar sebagai Pj Bupati Cilacap.

Baca juga: Masa Jabatan Berakhir, Bupati Tatto Pulang Kampung dengan Jalan Kaki 96 Km

“Sudah positif, Pj Bupati Cilacap akan dilantik Sabtu besok [19/11/2022] bareng dengan purnatugas Pak Tatto. Kami sudah berkoordinasi dengan Biro Pemerintahan Setda Jateng,” jelasnya.

Pelantikan, lanjut Awaluddin akan digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang. Pelantikan akan digelar sore hari setelah Gubernur Ganjar mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Solo.

Sementara itu, Awaluddin memang menjadi salah satu calon Pj Bupati Cilacap sesuai usulan DPRD Cilacap. Baru berusia 46 tahun, Awaluddin disebut-sebut sebagai Sekda termuda di Jateng.

Baca juga: Potensi Tsunami Belasan Meter di Laut Selatan Jawa, Pemerintah Andalkan Sirita

Diolah dari berbagai sumber, Awal, sapaan karib Sekda Cilacap, merupakan putra sulung mantan Anggota DPRD Kabupaten Muna, Sulawesi Selatan, La Ode Muuri. Ia juga tercatat sebagai kakak dari Yanti Setiawati, istri Bupati Muna dua periode, L.M. Rusman Emba.

Sebelum ditunjuk sebagai Sekda Cilacap, pria kelahiran Muna, Sulawesi Tenggara, 31 Juli 1975 itu, Awal menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap sejak 2021-2022.

Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cilacap periode 2019-2021. Sebelumnya, Awal ditunjuk sebagai Wakil Direktur RSUD Cilacap Bidang Umum tahun 2016-2019.

Awal yang merupakan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu juga pernah menjabat sebagai camat di beberapa wilayah seperti Kedungreja, Sidareja, dan Cilacap Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya