SOLOPOS.COM - Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Grobogan dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI dalam rangka HUT ke-78 RI, Rabu (16/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, GROBOGANDPRD Grobogan menggelar rapat paripurna ke-24 dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023, Rabu (16/8/2023).

Rapat paripurna berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Grobogan dengan dihadiri pimpinan DPRD; anggota DPRD; Bupati Grobogan, Sri Sumarni; dan segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Grobogan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Seluruh peserta rapat paripurna DPRD Kabupaten Grobogan dengan seksama mendengarkan siaran streaming sidang tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT RI.

Dalam pidato itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih Indonesia Emas Tahun 2045. Serta meraih posisi menjadi negara lima besar kekuatan ekonomi dunia.

“Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar jika kita melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu akan kembali memilikinya,” kata Presiden.

Presiden menjelaskan peluang besar pertama adalah bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an.

“Enam puluh delapan persen adalah penduduk usia produktif. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita,” ujarnya.

Selanjutnya, peluang besar yang kedua adalah kepercayaan internasional atau international trust yang dimiliki Indonesia saat ini. Kepercayaan tersebut, lanjut Presiden, dibangun bukan sekadar melalui gimmick dan retorika, melainkan melalui peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Logo DPRD Grobogan
Logo DPRD Grobogan. (Istimewa)

“Momentum presidensi Indonesia di G20, keketuaan Indonesia di ASEAN, konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM, kemanusiaan, dan kesetaraan, serta kesuksesan Indonesia menghadapi krisis dunia tiga tahun terakhir ini telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia,” ungkap Presiden.

Di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan, kata Presiden, Indonesia dengan ideologi Pancasila, harmoni keberagaman, dan prinsip demokrasi yang dimilikinya mampu menghadirkan ruang dialog serta menjadi titik temu dan menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada.

“Lembaga think tank Australia, Lowy Institute, menyebut Indonesia sebagai middle power in Asia, dengan diplomatic influence yang terus meningkat tajam. Dan Indonesia termasuk satu dari enam negara Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power,” ujarnya.

Kepercayaan yang dimiliki Indonesia di mata internasional tersebut dinilai sangat penting dalam diplomasi Indonesia di kancah dunia.

“Dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam setiap bernegosiasi,” tandas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya