SOLOPOS.COM - Ilustrasi api kebakaran (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Musibah kebakaran melanda tiga tempat pembuangan akhir (TPA) selama musim kemarau ini. Tercatat, TPA yang terbakar belakangan ini berada di Slawi, Tegal, dan Kendal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Widi Hartanto, mengatakan kebakaran di TPA Slawi terjadi beberapa kali namun masih dalam skala kecil. Hal serupa juga terjadi di TPA Tegal.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Sementara yang di TPA Kendal juga kemarin terbakar. Tapi berhasil ditangani dengan baik,” kata Widi kepada wartawan, Selasa (29/8/2023).

Widi mengatakan musim kemarau saat ini mengakibatkan daun, rumput, dan sampah yang mengering menjadi mudah terbakar saat tersulut percikan api.

“Masyarakat yang melihat titik api di TPA sampah diminta cepat melapor ke kantor Lingkungan Hidup [DLHK] biar kebakaran secepatnya teratasi,” katanya.

Tak hanya itu, DLHK Jateng juga menyarankan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko kebakaran lahan, hutan, dan lokasi TPA selama puncak musim kemarau.

Unsur masyarakat yang saat ini digerakkan juga berasal dari Masyarakat Mitra Polhut (MMP), para relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Kami sudah minta warga aktif bertindak dan melapor kalau menemukan kepulan asap di lahan hutan atau sampah. Kami usahakan bisa mencegah kebakaran semaksimal mungkin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya