SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mahasiswastan.com)

Ilustrasi wisuda mahasiswa (mahasiswastan.com)

Ilustrasi wisuda mahasiswa (mahasiswastan.com)

Dukung siswa berprestasi dicanangkan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya dengan rencana mengaplikasikan hasil temuan siswa berprestasi menjadi konsep tepat guna di sejumlah bidang 

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana mengembangkan konsep-konsep tepat guna di sejumlah bidang yang merupakan temuan dari para pelajar berprestasi.

“Kalau temuan-temuan itu sudah mendekati aplikasi, bukan tidak mungkin itu bisa kita tampung dan bagian penelitian serta pengembangan dapat merekam semua untuk dikembangkan lebih lanjut,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti dikutip Antara, Selasa (20/1/2015).

Ganjar mengaku sudah meminta konsep-konsep temuan dari para pelajar itu didaftar untuk mengetahui seberapa banyak dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat.

“Saya tertarik mengembangkan konsep-konsep temuan yang tepat guna, biasanya di bidang pertanian dan kebencanaan,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Menurut dia, konsep-konsep temuan dari para pelajar berprestasi itu sangat mungkin diaplikasikan di Provinsi Jateng.

“Mungkin temuan-temuan yang ada sekarang masih bersifat konseptual tapi hal tersebut bisa menjadi bekal mereka saat di melanjutkan sekolah yang lebih tinggi,” katanya.

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai menerima lima pelajar SMP di Kota Semarang mewakili Indonesia dan memperoleh tiga medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu pada “The 6th ASEAN and 3 Teacher Workshop and Student Science Camp” di Changwon City, Republik Korea.

Ketiga pelajar yang mendapat medali emas lomba sains berskala internasional yang berlangsung pada 11-18 Januari 2015 itu adalah Bthari Parahita Putri Firmandjaja (SMPN 5 Semarang), Muhammad Zinedine Alam Ganjar (SMPN 2 Semarang), serta Radya Wafi Adyatma (SMPN 2 Semarang).

Kemudian, dua pelajar dari SMPN 2 Semarang yang masing-masing meraih medali perak dan medali perunggu adalah Putra Dluha Rochmatullah serta Yuniarhiza Srikandi Fiandini.

Selain medali emas, Radya Wafi Adyatma juga memperoleh penghargaan khusus berupa “Da Vinci Science Medal” dan berhak menerima beasiswa penuh di universitas di seluruh negara ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya