SOLOPOS.COM - Pengunjung tengah memamerkan buah durian saat berkunjung ke Kebun Durian Watu Simbar. (Instagram @watusimbardurian)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang selama ini memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian di Jawa Tengah (Jateng). Hal itu pun membuat banyak tempat wisata di Semarang yang menawarkan konsep kebun durian.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020, Kota Semarang sanggup menghasilkan 11.267 kuintal buah durian selama setahun. Ada dua daerah di Semarang yang menjadi sentra penghasil durian, yakni Kecamatan Mijen dan Gunungpati.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Selama setahun, daerah Mijen mampu menghasilkan 7.288 kuintal durian. Sedangkan Gunungpati menghasilkan sekitar 2.386 kuintal durian.

Menjadi salah satu daerah penghasil durian di Semarang, Gunungpati pun memiliki banyak terdapat tempat wisata yang mengusung konsep kebun durian.

Berikut wisata kebun durian di Kota Semarang, yang mayoritas berada di wilayah Kecamatan Gunungpati.

1. Kebun Durian Temu Kencono

Kebun Durian Temu Kencono berada di wilayah Kecamatan Gunungpati, tepatnya di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang, Sumurejo. Kebun Durian Temu Kencono ini telah dibuka dengan konsep wisata agro sejak tahun 1995 silam.

Di sini pengunjung bisa menikmati segarnya alam, sekaligus makan durian di antara pepohonan yang rindang. Lokasi kebun ini tidak jauh dari Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Di kebun ini, pencinta durian juga bisa menikmati aneka jenis durian seperti durian manuk, durian sunan, durian montong, dan durian sukun.

2. Kebun Durian Monti

Dilansir dari laman gunungpati.semarangkota.go.id, salah satu varian durian yang terkenal di Gunungpati adalah durian montong. Durian jenis ini juga kerap disebut sebagai durian monti yang merupakan akronim dari montong Gunungpati.

Untuk menikmati durian ini, pencinta durian bisa berkunjung ke Kebun Durian Monti yang berada di Desa Sekorame. Di sini, pengunjung bisa menikmati durian Monti yang terkenal memiliki rasa manis, legit, berukuran jumbo.

3. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar sudah cukup populer di kalangan pencinta durian di Kota Semarang. Dilansir dari direktoripariwisata.id, Kebun Durian Watu Simbar merupakan tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di Kota Semarang.

Di tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa merasakan sensasi menikmati durian sepuasnya dengan harga yang cukup terjangkau. Di Kebun Durian Watu Simbar, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan perkebunan hijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat aneka wahana bagi wisatawan mulai dari gazebo, flying fox, pondok penginapan, hingga tempat ibadah.

4. Kafe Kebon Duren Markonah

Tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di Semarang yang satu ini tidak berada di wilayah Gunungpati. Tempat wisata ini justru terletak di kawasan Banyumanik.

Tempat makan durian ini memiliki konsep back to nature atau berdampingan dengan alam, di mana kafe didirikan di tengah kebun durian. Pengunjung yang datang juga akan disuguhi suasana kebun sambil menikmati buah durian.

Selain itu, kafe ini juga menawarkan makanan olahan dengan bahan dasar buah durian seperti cendol dawet durian, kebab durian, selain durian, dan masih banyak lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya