SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.)

E-KTP Semarang disosialisasikan kembali Pemkab Semarang terkait pemberlakuan KTP seumur hidup.

Semarangpos.com, UNGARAN — Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat menyosialisasikan KTP elektronik (e-KTP) yang berlaku seumur hidup kepada perwakilan masyarakat setempat.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“KTP elektronik berlaku seumur hidup dan tidak perlu diganti sepanjang tidak ada perubahan elemen datanya,” kata Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang Supramono di Ungaran, Kamis (12/5/2016).

Berdasarkan UU No. 24/2013, lanjutnya, pelayanan KTP diberikan secara gratis dan di Kabupaten Semarang sudah dilakukan sejak tahun 2010. “Kami sebentar lagi juga akan melayani pencetakan KTP elektronik di sembilan kecamatan,” katanya.

Selain KTP elektronik atau e-KTP, lanjutnya, pembuatan data diri seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan dokumen penduduk yang lain juga tidak dipungut biaya. “Sejumlah upaya kami lakukan, salah satunya dengan mendatangi desa-desa terpencil untuk menyosialisasikan hal ini,” katanya di hadapan peserta Sosialisasi Tertib Administrasi yang dihadiri 60 orang perwakilan dari Kabupaten Semarang.

Dia mengatakan administrasi kependudukan sangat penting untuk keperluan mengurus semua data diri kependudukan. “Saya berharap kepada peserta yang hadir pada kegiatan ini mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih sadar pentingnya pendataan diri,” katanya.

Menurut dia, pencapaian pendataan kependudukan di Kabupaten Semarang sudah cukup bagus, tetapi belum maksimal. Untuk itu, lanjutnya, sosialisasi tertib administrasi ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang sama terhadap perlunya dokumen penduduk dan mendorong masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya