SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ekonomi bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN disambut optimistis oleh Ikatan Arsitek Indonesia.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Tengah tidak mengkhawatirkan pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku mulai akhir tahun ini.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Justru MEA ini bisa menjadi peluang bagi para arsitek untuk memperoleh ilmu dari arsitek luar negeri,” kata Ketua IAI Jateng Satrio Nugroho di Semarang, Rabu (16/9/2015).

Pihaknya memprediksi, pada MEA mendatang para arsitek asing tidak akan serta merta masuk ke Indonesia dan menjalankan profesi mereka secara langsung.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan para arsitek asing ini justru akan bekerja sama dengan arsitek Indonesia dalam menjalankan profesinya.

Sementara itu, dari sisi kemampuan pihaknya memastikan para arsitek Indonesia tidak kalah dari arsitek asing. Bahkan, sebagian arsitek yang ada di Singapura merupakan orang Indonesia.

“Arsitek asal Indonesia tidak kalah canggih dibandingkan luar negeri. Bahkan, banyak dari mereka yang justru memilih berkarir di luar negeri karena memang memperoleh tawaran kerja di sana,” katanya.

Menurut dia, selain dari sisi kemampuan, keunggulan lain yang dimiliki Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara lain adalah Indonesia memiliki lokal konten yang tinggi.

“Lokal konten atau sumber daya lokal ini dapat dimanfaatkan para arsitek dalam mengeksplorasi kemampuan mereka,” katanya.

Saat ini, arsitek tidak hanya fokus pada bangunan tetapi juga area terbuka. Bahkan, banyak arsitek yang bermitra dengan Pemerintah dalam membangun sebuah kawasan.

“Ini lokal konten yang sangat mendukung profesi para arsitek, banyak area terbuka yang membutuhkan sentuhan arsitek,” katanya.

Meski demikian, pihaknya berharap agar Pemerintah segera membuat undang-undang (UU) arsitek sehingga profesi tersebut segera terlindungi oleh hukum.

“Dalam hal ini tidak hanya profesi arsitek yang terlindungi tetapi juga lokal konten yang ada di Indonesia juga dapat terlindungi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya