SOLOPOS.COM - Mantan Danlanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi saat menyerahkan berkas pendaftaran Wali Kota di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Jumat (17/5/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Mantan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi, menunjukkan keseriusannya untuk mengikuti kontestasi Pilwalkot Salatiga 2024. Hal itu ditunjukkan Hariyono dengan mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon (balon) wali kota Salatiga di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Jumat (17/6/2024).

Hariyono mengaku penyerahan berkas pendaftaran itu sebagai wujud keseriusan dirinya maju sebagai balon wali kota Salatiga. Tak hanya lewat PDIP, Hariyono juga akan m Masturi mengaku, penyerahan berkas pendaftaran itu sebagai wujud keseriusan dirinya maju sebagai bakal calon Wali Kota Salatiga. Tak hanya lewat PDIP, Haryono akan mencoba mendaftar lewat partai lain.

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

“Nanti saya juga akan melakukan hal yang sama, mendaftarkan diri di partai lain. Yang pertama baru hari ini di PDIP, kemudian bulan depan di partai Gerindra dan partai Demokrat,” terang Hariyono, Jumat (17/5/2024).

Diakuinya, untuk calon wakil wali kota, dirinya belum bisa menyebutkan satu nama. Namun dirinya memastikan jika wakilnya nanti harus memiliki visi dan misi yang sama, yakni mencurahkan inovasi dan tenaga demi kemajuan Kota Salatiga.

“Semboyan saya ada gula ada semut, kita bangun Salatiga dengan adanya tempat wisata. Karena jika ada satu tempat wisata akan membuat PAD Salatiga ini bisa meningkat,” terang Hariyono.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, menyebut pada pekan lalu ada 11 tokoh yang mengambil formulir pendaftaran balon wali kota dan wakil wali kota di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga. Setelah pengambilan formulir, pendaftar diberikan waktu untuk memaparkan visi dan misi kepada kader PDIP Kota Salatiga, sebelum akhirnya mengikuti fit and propher test.

“Sehingga nantinya siapapun yang dipilih oleh DPP struktural partai itu solid, rencana [pemaparan visi misi] pada bulan Juni,” terang Dance.

Kurang Lengkap

Dance juga memberikan catatan terkait berkas yang dikembalikan mantan Danlanal Semarang itu. Menurutnya, berkas milik Hariyono kurang lengkap karena tidak menyerahkan surat pernyataan kesiapan mengundurkan diri sebagai anggota TNI.

Hariyono Masturi saat ini masih tercatat sebagai anggota aktif TNI. Oleh karenanya, ia pun diminta membuat surat pernyataan kesiapan mengundurkan diri jika nanti mendapat rekomendasi dari PDIP untuk maju sebagai calon wali kota Salatiga.

“Ini berlaku juga untuk Pak Sinoeng [ N. Rachmadi] dan Pak Agus Suadi karena ASN. Saya minta untuk segera melengkapi,” ujar Dance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya