SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pantai Widarapayung di Cilacap, Jateng. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki banyak destinasi wisata pantai, baik yang ada di pesisir utara maupun pantai selatan. Meski demikian, dari sekian banyak destinasi itu ada sejumlah pantai di Jateng yang jarang dikunjungi wisatawan. Berikut daftar pantai di Jateng yang jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai merupakan salah satu tempat yang asyik untuk dikunjungi untuk sekadar melepas penat atau berwisata. Panorama alam pantai dengan hembusan angin dan hamparan pasir yang luas, seolah-olah membawa kita bebas sejenak dari sederet beban kesibukan yang ditemui sehari-hari.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Nah, di Jateng ada banyak pantai yang bisa dikunjungi untuk sekadar melepas penat atau berwisata dengan keluarga. Kendati demikian, ada beberapa pantai di Jateng yang masih terkesan eksotis karena belum banyak terjamah penggunjung.

Berikut daftar destinasi wisata pantai di Jateng yang jarang dikunjungi wisatawan:

1. Pantai Widarapayung

pantai Widarapayung terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pantai Widarapayung merupakan salah satu pantai selatan yang memiliki garis pantai yang panjang dan membentang di tiga desa, yaitu Desa Widarapayung Wetan, Desa Widarapayung Kulon, dan Desa Sidayu.

Oleh karena garis pantainya yang luas, biasanya dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti camping, family gathering, acara sekolah ataupun komunitas. Pintu masuk utama berada di Desa Widarapayung Wetan. Pasirnya yang lebar membuat leluasa melakukan kegiatan, apalagi teksturnya lembut dan tidak terlalu banyak batuan karang yang kecil. Bahkan tanpa alas kaki pun akan terasa nyaman.

Sekadar imformasi, Pantai Widarapayung pernah dilanda tsunami pada tahun 2006 silam. Untuk untuk mengenang dahsyatnya efek tsunami waktu itu, terdapat sebuah tugu peringatan tak jauh dari pantai.

2. Pantai Batu Putih Karimunjawa

Bongkahan batu besar yang berada di pinggir pantai dan berwarna sedikit putih, menjadi alasan pantai ini dinamakan Pantai Batu Putih. Jika wisatawan ingin ke pantai ini, cukup menuju ke Pulau Kemojan dan menempuh jalur akses yang cukup jauh dari jalan raya. Di pantai ini hanya ada jalan setapak dan naik turun bukit. Meskipun cukup susah, tetapi pemandangan dan suasana alam pantai ini akan memanjakan mata. Pengorbanan tidak akan berakhir sia-sia jika mengunjungi pantai ini. Di pantai ini pengunjung dapat bermain sepuasnya di laut dan pantai dengan pasir yang sangat mempesona. Menariknya lagi, disini juga dapat camping sembari menikmati sunrise yang indah.

3. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati merupakan salah satu pantai wisata bahari yang berada di kawasan strategis yakni Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Meski Jepara dikenal sebagai kota ukir, ternyata Jepara juga memiliki pesona pantai yang menawan dan sangat indah. Sayang jika wisatawan melewatkan wisata ke pantai yang memiliki keindahan pasir putih yang terbentang luas ini. Dinamakan Pantai Ombak Mati karena ombak di pantai ini sangat tenang, bahkan terlihat seakan-akan mati karena tidak ada ombak sama sekali. Sehingga tenangnya ombak di pantai ini, pengunjung bisa menikmati suasana dengan tenang. Pengunjung juga bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi sambil menunggu sunset di Pantai Ombak Mati.

4. Pantai Watu Bale

deretan pantai di jateng
Ilustrasi Pantai Watu Bale (Instagram @pantaiwatubalekebumen)

Pemandangan yang menawan di area Pantai Watu Bale bisa memanjakan pengunjung. Apalagi menikmati pemandangan perbukitan karang yang memisahkan Watu Bale dengan pantai lain di bagian timur dan barat. Pantai Watu Bale merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki air laut yang cukup jernih dan pasir berwarna eksotis. Di pantai ini juga bisa melihat deburan ombak yang perlahan membawa buih putih ke pantai. Pasirnya yang cukup bersih, sehingga membuat kawasan ini terasa nyaman. pesona warna hitam yang disuguhkan tidak membuat pantai ini terkesan kotor. Pasirnya yang hitam lembut dan sangat nyaman dipijak. Warna hitam yang ada menyatu dengan bukit karang dan lautnya yang jernih. Dan pada sore hari tentunya kawasan ini memiliki suasana yang lebih syahdu dan indah. Ombak di pantai ini cukup tenang dan tidak tinggi.

5. Pantai Nampu

deretan pantai di jateng
Ilustrasi Pantai Nampu. (Instagram)

Menuju ke pantai ini harus menuruni tangga yang cukup panjang. Begitu sampai, pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih yang menawan. Sepinya pantai ini akan membuat pengunjung merasa jika pantai ini milik pribadi. Pantai Nampu ini bukan milik pemerintah, melainkan miliki sebuah perusahaan Batik Keris. Pesona pantai ini benar-benar memanjakan mata, tetapi pengunjung harus berhati-hati, karena terdapat karang-karang yang cukup tajam. Pantai ini juga terkenal akan banyaknya hewan-hewan laut yang imut. Saat laut akan surut, karang-karang akan terlihat bersama dengan ikan-ikan kecil yang ada di sela-selanya. Ikan-ikannya terlihat eksotis dan menggemaskan. Pantai ini berada di Dusun Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya