SOLOPOS.COM - Candi Borobudur. (kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, SOLO — Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, merupakan wisata bersejarah peninggalan Kerajaan Syailendra. Candi yang sempat masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia ini banyak memikat para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Bangunan candi yang bercorak Buddha ini diperkirakan dibangun pada abad kedelapan hingga kesembilan atau sekitar 800 tahun sebelum Masehi di masa Kerajaan Syailendra. Dinasti Syailendra diketahui penganut Buddha aliran Mahayana.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Mengutip laman resmi Borobudur Park, wisata Jawa Tengah satu ini dibangun untuk pemujaan Buddha dan tempat ziarah. Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha.

Candi Borobudur yang menjadi wisata bersejarah di Jawa Tengah dan peninggalan Kerajaan Syailendra ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Bangunan Candi Borobudur memiliki gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Di Candi Borobudur ini juga terdapat relief dengan 504 Buddha bersikap meditasi dan enam posisi tangan yang berbeda di sepanjang candi.

Selain menyuguhkan keindahan Candi Borobudur, wisata yang terletak hanya sekitar 18 km saja dari pusat Kota Magelang ini juga memiliki destinasi lainnya yang wajib dikunjungi, yakni museum.

Di kompleks Candi Borobudur ini terdapat tiga museum yang bisa diakses wisatawan, di antaranya Museum Borobudur, Museum Kapal Samuderaraksa (Museum Kapal Samudraraksa), dan Museum MURI. Tak hanya museum, di sekitar Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner khasnya, yakni mangut beong–beong merupakan ikan yang hanya ada di Kali Progo Magelang.

Jika berkunjung ke Candi Borobudur peninggalan sejarah Kerajaan Syailendra, Anda juga bisa mampir ke dua wisata candi lainnya yang berlokasi berdekatan, yakni Candi Pawon dan Candi Pawon.

Candi Borobudur juga menjadi salah satu wisata andalan dari Jawa Tengah. Jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur juga cukup banyak. Pada 2023, jumlah wisatawan Candi Borobudur sekitar 1,4 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya